KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS SUDIRMAN KECAMATAN GAJAHMUNGKUR SEMARANG


Arini Ika Putri , 1401412290 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS SUDIRMAN KECAMATAN GAJAHMUNGKUR SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412290.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (281kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SD terdapat permasalahan dalam hasil belajar IPS siswa, karena dalam proses pembelajaran IPS kurang inovatif dan aktivitas siswa masih kurang, seperti yang terjadi pada siswa kelas IV SDN di Gugus Sudirman Kecamatan Gajahmungkur Semarang. Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) apakah model pembelajaran Group Investigation efektif terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN di Gugus Sudirman Kecamatan Gajahmungkur Semarang? (2) bagaimanakah aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation di kelas IV SDN di Gugus Sudirman Kecamatan Gajahmungkur Semarang?. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui keefektifan model pembelajaran Group Investigation terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus Sudirman Kecamatan Gajahmungkur Semarang, (2) mendiskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS dengan model Group Investigation dikelas IV SDN Gugus Sudirman Kecamatan Gajahmungkur Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah Quasi-Experimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN di Gugus Sudirman Kecamatan Gajahmungkur Semarang sebanyak 209 siswa, untuk pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda, dokumentasi,dan observasi aktivitas siswa. Hasil data belajar dianalisis dengan uji N-gain dan uji t, sedangkan data aktivitas siswa dibandingkan berdasarkan kriteria. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran Group Investigation efektif terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus Sudirman Kecamatan Gajahmungkur Semarang berdasarkan hasil perhitungan independent sample t test diketahui nilai signifikansi (0,004≤0,05) sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, dan didukung uji N-gain kelas eksprimen lebih baik dari kelas kontrol (0,48>0,29), (2) aktivitas siswa setelah menggunakan model pembelajaran Group Investigation meningkat ditunjukkan dengan rata-rata aktivitas siswa kelas eksperimen adalah 83,065% membuktikan siswa aktif dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Group Investigation efektif terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus Sudirman Kecamatan Gajahmungkur Semarang. Disarankan guru dapat meningkatkan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Group Investigation.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar IPS, keefektifan, model pembelajaran Group Investigation
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 09 May 2019 14:51
Last Modified: 09 May 2019 14:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28259

Actions (login required)

View Item View Item