KEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DAN PROFESIONALITAS GURU TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DABIN III KECAMATAN JAKEN KABUPATEN PATI


Ragil Widiastuti , 1401412579 (2016) KEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DAN PROFESIONALITAS GURU TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DABIN III KECAMATAN JAKEN KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412579.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (374kB) | Preview

Abstract

Guru merupakan suatu komponen penting dalam proses kegiatan pembelajaran. Setiap guru pasti memiliki suatu kinerja. Kinerja guru memiliki peranan penting dalam pencapian tujuan suatu pembelajaran. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja guru, antara lain adalah kemampuan manajerial kepala sekolah dan profesionalitas guru. Kemampuan manajerial kepala sekolah yang ideal akan memberikan pengaruh terhadap kinerja guru. Selain itu, profesionalitas guru yang dimiliki oleh guru juga merupakan suatu faktor internal yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kemampuan manajerial kepala sekolah dan profesionalitas guru terhadap kinerja guru. Variabel yang diteliti dalam peneitian ini ada 3 yaitu kemampuan manajerial kepala sekolah sebagai variabel bebas 1 (X1), profesionalitas guru sebagai variabel bebas 2 (X2), dan kinerja guru sebagai variabel terikat (Y). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 89 responden dengan sampel sebanyak 72 yang diambil melalaui teknik Simple Random Sampling. Uji Prasyarat yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis meliputi uji analisis regresi berganda (R), uji analisis determinasi (R2), dan uji koefisien regresi secara bersama-sama (Uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh antara gaya kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru; (2) ada pengaruh antara profesionalitas guru terhadap kinerja guru; (3) ada pengaruh antara kemampuan manajerial kepala sekolah dan profesionalitas guru secara bersamasama terhadap kinerja guru; (4) Kemampuan manajerial kepala sekolah memberikan sumbangan pengaruh sebesar 17,3% terhadap kinerja guru ; (5) profesionalitas guru memberikan sumbangan sebesar 10,3% terhadap kinerja guru; dan (6) kemampuan manajerial kepala sekolah dan profesionalitas guru secara bersama-sama memberikan sumbangan pengaruh sebsear 22,6% terhadap kinerja guru. Dengan demikian saran yang dapat disampaikan oleh penulis adalah kepala sekolah dapat menggunakan kemampuan manajerial yang ideal dan efektif dan hendaknya guru lebih menumbuhkan profesionalitas guru untuk meningkatkan kinerja guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah, Kinerja Guru, Profesionalitas Guru
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 07 Dec 2017 18:41
Last Modified: 07 Dec 2017 18:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28258

Actions (login required)

View Item View Item