FAKTOR-FAKTOR KEBERHASILAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DRUM BAND SINAR NADA DI SD NEGERI TEMBOK BANJARAN 03 KABUPATEN TEGAL


Chamalatul Azizah , 1401412577 (2016) FAKTOR-FAKTOR KEBERHASILAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DRUM BAND SINAR NADA DI SD NEGERI TEMBOK BANJARAN 03 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412577.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (311kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Tembok Banjaran 03 Kabupaten Tegal, dengan fokus penelitian yaitu Faktor-faktor Keberhasilan Kegiatan Ekstrakurikuler Drum band. Tujuan dari penelitian yaitu: (1) Mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler drum band Sinar Nada di SD Negeri Tembok Banjaran 03 Kabupaten Tegal; (2) Mengetahui dan mendeskripsikan faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan ekstrakurikuler drum band Sinar Nada di SD Negeri Tembok Banjaran 03 Kabupaten Tegal; dan (3) Mengetahui dan mendeskripsikan pencapaian keberhasilan drum band Sinar Nada di SD Negeri Tembok Banjaran 03 Kabupaten Tegal. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru pembina drum band Sinar Nada, pelatih, siswa-siswi anggota drum band, dan orang tua dari siswa anggota drum band Sinar Nada. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman dengan uji keabsahan data menggunakan uji credibility dan confirmability. Uji credibility pada penelitian ini menggunakan triangulasi dan member check. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler drum band Sinar Nada sudah berjalan dengan cukup baik. Kegiatan ekstrakurikuler drum band terlaksana secara terprogram yaitu sesuai dengan sasaran, substansi, jenis kegiatan, waktu, tempat dan pelaksana seperti yang telah direncanakan. Faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan dari kegiatan ekstrakurikuler drum band Sinar Nada adalah (1) Faktor sumber daya manusia yang tersedia, meliputi faktor kepala sekolah yang memberi dukungan atau perhatian yang besar, faktor guru atau pembina yang bertanggung jawab atas tugasnya dalam membimbing dan membina siswa, faktor pelatih yang berkompeten, serta faktor siswa atau anggota drum band yang memiliki antusias dan minat tinggi; (2) Faktor ketersediaan sarana prasarana yang memadai; (3) Faktor ketersediaan sumber dana yang mencukupi; dan (4) Fakor orang tua yang mendukung secara moril dan materil. Pencapaian keberhasilan drum band Sinar Nada berupa prestasi yang diperoleh dari berbagai kejuaraan dalam setiap perlombaan yang diikuti, yaitu perlombaan tingkat UPTD, Kabupaten dan perlombaan Bahari Open Marching Competition (BOMC) yang diselenggarakan PDBI Kota Tegal. Saran sebagai seorang guru hendaknya meningkatkan kompetensinya dalam mengelola suatu kegiatan ekstrakurikuler.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Drum Band, Ekstrakurikuler, Keberhasilan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 07 Dec 2017 18:35
Last Modified: 07 Dec 2017 18:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28257

Actions (login required)

View Item View Item