KEEFEKTIFAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SBK MATERI ANSAMBEL MUSIK SISWA KELAS V SD NEGERI MANYARAN 01 KOTA SEMARANG


Rosa Salenika , 1401412574 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SBK MATERI ANSAMBEL MUSIK SISWA KELAS V SD NEGERI MANYARAN 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412574.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (601kB) | Preview

Abstract

Pendidikan SBK di sekolah dasar memiliki peranan dalam pembentukan pribadi siswa yang harmonis dengan memperhatikan kebutuhan perkembangan anak dalam mencapai multi kecerdasaan yang terdiri atas kecerdasaan intrapersonal, interpersonal, visual, musikal, linguistik, logika, matematis, naturalis, kecerdasan kreativitas, kecerdasan spiritual, moral, serta kecerdasan emosional. Model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) merupakan model pembelajaran yang mengacu kepada siswa dikelompokkan dalam tim belajar beranggotakan empat atau lima orang yang merupakan campuran menurut tingkat prestasi, jenis kelamin, dan suku. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis dan mendeskripsikan keefektifan model pembelajaraan kooperatif tipe Student Teams Achievement Division terhadap aktivitas dan hasil belajar SBK materi ansambel musik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Manyaran 01 Kota Semarang, yang terdiri dari 28 siswa kelas eksperimen dan 26 siswa kelas kontrol. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasy experimental dengan bentuk nonequivalent control group design. Pengujian hipotesis menggunakan uji independent sample t test dan uji pihak kanan one sample t test. Hasil perhitungan uji t pada aktivitas hasil belajar siswa menunjukkan nilai thitung = 3.500, dan pada hasil belajar siswa menunjukkan bahwa nilai thitung = 2.960. Nilai thitung tersebut lebih besar dari nilai ttabel, 3.500 > 2.006647 dan 2.960 > 2.006647, maka keputusanya Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan terdapat perbedaan aktivitas dan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji keefektifan melalui uji pihak kanan pada aktivitas belajar siswa menunjukkan nilai thitung = 4.840, dan pada hasil belajar thitung = 4.343. Nilai thitung tersebut lebih besar dari nilai ttabel, 4.840 > 2.052 dan 4.343 > 2052, maka keputusannya H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga diperoleh kesimpulan pada penelitian ini yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar SBK materi ansambel musik siswa kelas V SD Negeri Manyaran 01 Kota Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ansambel Musik, STAD, Aktivitas dan Hasil Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 07 Dec 2017 18:31
Last Modified: 07 Dec 2017 18:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28256

Actions (login required)

View Item View Item