PENGARUH MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN GUGUS WERKUDORO KECAMATAN TEGAL TIMUR KOTA TEGAL


Ninu Septiani , 1401412573 (2016) PENGARUH MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN GUGUS WERKUDORO KECAMATAN TEGAL TIMUR KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412573.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (236kB) | Preview

Abstract

Minat dan motivasi belajar siswa akan menimbulkan keingintahuan dan kesenangan untuk terus belajar. Keingintahuan dan kesenangan belajar itu bisa didapatkan dari ilmu pengetahuan yang diajarkan dan cara guru menyampaikannya. Jika bahan pelajaran dan cara guru menyampaikan pelajaran tidak sesuai dengan minat siswa, maka siswa yang bersangkutan tidak akan belajar dengan baik, karena tidak ada daya tarik baginya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Gugus Werkudoro Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal tahun ajaran 2015/2016. Hasil belajar yang diteliti adalah rata-rata nilai ujian tengah semester genap. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri di Gugus Werkudoro Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal, berjumlah 6 SD dengan jumlah siswa kelas V tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 206 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik proporsional random sampling berjumlah 131 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket (kuesioner) dan dokumentasi. Hasil analisis korelasi berganda diperoleh angka R sebesar 0,310. Nilai korelasi berada di antara 0,200-0,399, maka dapat disimpulkan bahwa terjadi hubungan yang rendah antara minat belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. Hasil uji regresi parsial (uji t) diperoleh thitung sebesar 6,213. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak karena nilai thitung > ttabel yaitu 6,213 > 1,960. Berdasarkan output diperoleh R2 (R square) 0,096 atau 9,6%. Hal ini menunjukkan bahwa presentase pengaruh variabel independen (minat belajar dan motivasi belajar) terhadap variabel dependen (hasil belajar) sebesar 9,6%, sedangkan sisanya 90,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, ada pengaruh antara minat dan motivasi terhadap hasil belajar. Bagi guru hendaknya harus bisa membangkitkan minat dan motivasi siswa. Seorang guru dalam menyampaikan pelajaran harus mampu membuat siswa senang dalam belajar. Dengan adanya minat dan motivasi yang timbul maka besarlah usaha yang dilakukan untuk mempelajari pelajaran tersebut, dan diharapkan siswa memperoleh hasil belajar yang baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, minat dan motivasi belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 07 Dec 2017 16:46
Last Modified: 07 Dec 2017 16:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28254

Actions (login required)

View Item View Item