ANALISIS SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI DABIN I KECAMATAN TEGAL SELATAN KOTA TEGAL TAHUN AJARAN 2015/2016


Fahmi Nafis Arifin , 1401412572 (2016) ANALISIS SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI DABIN I KECAMATAN TEGAL SELATAN KOTA TEGAL TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412572.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (366kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan penyusun soal, diperoleh informasi bahwa proses penyusunan soal UAS gasal mata pelajaran IPS kelas IV SD telah diujikan tanpa melalui tahapan analisis butir soal (analisis logis rasional). Oleh karena itu, tujuan penelitian ini yaitu mengetahui kualitas butir soal dan pelaksanaan UAS tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan proporsional random sampling sebanyak 156 lembar jawab. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data kualitatif dianalisis menggunakan teknik analisis validitas isi menurut Gregory, pencocokkan jenjang ranah kognitif, dan analisis model Miles dan Huberman. Data kuantitatif dianalisis menggunakan bantuan program Anates V4 Hasil penelitian menunjukkan bahwa kisi-kisi soal yang digunakan pada UAS gasal IPS kelas IV SD Negeri Dabin I tidak mencantumkan institusi, kurikulum yang digunakan, tingkat kesukaran, dan ranah kognitif, sehingga kisikisi soal tersebut perlu disesuaikan dengan format kisi-kisi soal yang benar. Kualitas soal pilihan ganda ditinjau dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa memiliki validitas isi berkotegori sangat tinggi (0,96). Distribusi jenjang ranah kognitif yang terukur pada soal pilihan ganda yaitu 14 (56%) soal berkategori C1, 8 (32%) soal berkategori C2, dan 3 (12%) soal berkategori C3. Kualitas soal pilihan ganda ditinjau dari aspek validitasnya, tidak terdapat (0%) soal berkategori sangat signifikan, 7 (28%) soal berkategori signifikan, dan 18 (72%) soal berkategori tidak signifikan. Ditinjau dari aspek reliabilitas, diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,55 dengan kriteria rendah, karena kurang dari batas reliabilitas (0,70). Ditinjau dari aspek tingkat kesukarannya, terdapat 11 (44%) soal berkategori mudah, 7 (28%) soal berkategori sedang, dan 7 (28%) soal berkategori sukar. Ditinjau dari aspek daya pembedanya, terdapat 6 (24%) soal berkategori baik, 12 (48%) soal berkategori cukup, dan 7 (28%) soal berkategori jelek. Ditinjau dari aspek efektivitas pengecohnya, terdapat 12 (48%) soal berkategori efektif dan 13 (52%) soal berkategori tidak efektif. Pelaksanaan tes pada UAS gasal kelas IV SD Negeri Dabin I cukup baik. Mekanisme penyusunan soal UAS gasal SD Negeri Dabin I sudah cukup baik, karena telah melalui tahapan yang sistematis. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa analisis butir soal dapat mendeteksi kekurangan pada butir soal. Oleh karena itu, penyusunan soal sebaiknya melalui tahapan analisis butir soal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis Soal, Evaluasi Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 07 Dec 2017 16:13
Last Modified: 07 Dec 2017 16:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28253

Actions (login required)

View Item View Item