ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN PKN KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI DABIN 1 KECAMATAN TEGAL SELATAN KOTA TEGAL


Doni Miftakhul Hadi , 1401412571 (2016) ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN PKN KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI DABIN 1 KECAMATAN TEGAL SELATAN KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412571.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (231kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru SD Negeri Debong Tengah 2, diperoleh informasi bahwa proses penyusunan soal UAS gasal mata pelajaran PKn kelas IV SD telah diujikan tanpa melalui tahapan analisis butir soal (analisis logis rasional). Oleh karena itu, tujuan penelitian ini yaitu mengetahui kualitas butir soal pilihan ganda dan pelaksanaan UAS tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel proporsional random sampling sebanyak 156 lembar jawab. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data kualitatif dianalisis menggunakan teknik analisis validitas isi menurut Gregory, pencocokkan jenjang ranah kognitif, dan analisis model Miles dan Huberman. Data kuantitatif dianalisis menggunakan bantuan program Anates V4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kisi-kisi soal yang digunakan pada UAS gasal PKn kelas IV SD Negeri Dabin I, tidak mencantumkan institusi, kurikulum yang digunakan, tingkat kesukaran, dan ranah kognitif, sehingga kisikisi soal tersebut perlu disesuaikan dengan format kisi-kisi soal yang benar. Kualitas soal ditinjau dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa, memiliki validitas isi berkotegori sangat tinggi (1,00). Distribusi jenjang ranah kognitif yang terukur pada soal pilihan ganda yaitu 14 (56%) soal pada jenjang mengingat (C1), 11 (44%) soal pada jenjang memahami (C2). Kualitas soal ditinjau dari aspek validitasnya, terdapat 3 (12%) soal berkategori sangat signifikan, 11 (44%) soal berkategori signifikan, dan 11 (44%) soal berkategori tidak signifikan. Ditinjau dari aspek reliabilitas diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,77 dengan kriteria tinggi, karena lebih dari batas reliabilitas (0,70). Ditinjau dari aspek tingkat kesukarannya, 7 (28%) soal berkategori mudah, 15 (60%) soal berkategori sedang, dan 3 (12%) soal berkategori sukar. Ditinjau dari aspek daya pembedanya, terdapat 1 (4%) soal berkategori sangat baik, 10 (40%) soal berkategori baik, 10 (40%) soal berkategori cukup, dan 4 (16%) soal berkategori jelek. Ditinjau dari aspek efektivitas pengecohnya, terdapat 12 (48%) soal berkategori efektif dan 13 (52%) soal berkategori tidak efektif. 16 (64%) soal berkategori efektif dan 9 (36%) soal berkategori tidak efektif. Pelaksanaan tes pada UAS gasal kelas IV SD Negeri Dabin I cukup baik. Mekanisme penyusunan soal UAS gasal SD Negeri Dabin I sudah cukup baik, karena telah melalui tahapan yang sistematis. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa analisis butir soal dapat mendeteksi kekurangan dari aspek validitas isi, jenjang ranah kognitif, validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda, dan efektivitas pengecohnya pada butir soal. Oleh karena itu, penyusunan soal sebaiknya melalui tahapan analisis butir soal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis Soal, Evaluasi Hasil Belajar, Mata Pelajaran PKn
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 07 Dec 2017 16:10
Last Modified: 07 Dec 2017 16:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28252

Actions (login required)

View Item View Item