KEEFEKTIFAN MODEL GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS DEWI KUNTHI KOTA SEMARANG


Tutik Yuliarsih , 1401412289 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS DEWI KUNTHI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412289.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (287kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Pkn di kelas IV SD Negeri Gugus Dewi Kunthi Kota Semarang masih menggunakan pemberian informasi secara searah pada siswa, sehingga siswa kurang aktif dan kurang mampu berpikir kritis. Guru sebagai fasilitator perlu menggunakan model pembelajaran yang bervariasi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keefektifan model group investigation pada pembelajaran PKn kelas V SD Gugus Dewi Kunthi Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah Quasi-Experimental Research dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas V SDN Gugus Dewi Kunthi Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel adalah Cluster random Sampling yakni menentukan sampel sekolah kemudian menentukan kelas eksperimen dan kontrol. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD N Ngijo 1 sebagai kelas eksperimen dan SD N Kalisegoro sebagi kelas kontrol. Hasil penelitian ditemukan hasil belajar siswa yang diperoleh dari ratarata nilai posttest yaitu pada kelas eksperimen menggunakan model GI sebesar 84,81, sedangkan kelas control menggunakan informasi satu arah sebesar 72, 50. Perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan control dibuktikan melalui uji-t dibantu program SPSS versi 2.0 menggunakan teknik independent-sample t test dengan taraf signifikasi 0,05 menunjukkan bahwa t hitung sebesar 10,459 > 1,675 atau t hitung > ttabel dan 0,000 < 0,05 atau nilai signifikansi < 0,05 mengacu pada ketentuan pengambilan keputusan uji. Selain itu juga terdapat hasil uji N-gain kelas eksperimen mencapai 0,58 atau kategori sedang, sedangkan kelas kontrol mencapai 0,265 atau kategori rendah. Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran group investigation efektif terhadap hasil belajar PKn materi keputusan bersama pada siswa kelas IV SDN Gugus Dewi Kunthi Kota Semarang. Saran untuk guru yaitu hendaknya mulai menggunakan model baru dalam pembelajaran dan mampu menumbuhkan suasana belajar yang aktif dan tidak membosankan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar PKn; model group investigation
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 09 May 2019 14:51
Last Modified: 09 May 2019 14:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28250

Actions (login required)

View Item View Item