HUBUNGAN KOMUNIKASI KELUARGA DENGAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV DAN V SDN PATI WETAN 01 DAN 02 KABUPATEN PATI SKRIPSI


Vania Anggun Kinanti, 1401412287 (2016) HUBUNGAN KOMUNIKASI KELUARGA DENGAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV DAN V SDN PATI WETAN 01 DAN 02 KABUPATEN PATI SKRIPSI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412287.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (390kB) | Preview

Abstract

Keluarga merupakan faktor terpenting dalam pembentukan kepribadian anak, karena proses terjadinya interaksi untuk pertama kali terjadi dalam keluarga. Sikap dan karakter anak dalam kehidupan sehari-hari sangat dipengaruhi oleh peran keluarga dalam menanamkan budi pekerti. Komunikasi merupakan proses penyampaian oleh orangtua kepada anak yang dapat mempengaruhi kehidupan anak. Oleh karena itu, dalam keluarga dibutuhkan komunikasi sesering mungkin supaya dapat membentuk kepribadian yang baik melalui penanaman nilai moral sehingga anak dapat bersosialisasi dan menerapkannya pada mata pelajaran PKn di sekolah. Komunikasi keluarga di SDN Pati Wetan 01 dan 02 kelas IV dan V berada pada kategori tinggi, hal ini ditunjukkan berdasarkan hasil pengisian angket pada siswa berisi indikator - indikator yang mencakup komunikasi keluarga meliputi komunikasi verbal, nonverbal, individual dan kelompok. Tujuan dari penelitian, (1) mengetahui adanya hubungan yang signifikan antara komunikasi keluarga dengan hasil belajar PKn, (2) mengetahui seberapa besar hubungan komunikasi keluarga dengan hasil belajar PKn Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dan V SD Negeri Pati Wetan 01 dan 02 sebanyak 117 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Disproportionate Stratified Random Sampling untuk mengambil 90 sampel. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif dan statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai korelasi 0,676 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Koefisien determinasi sebesar 0,451 menunjukkan bahwa presentase variabel independen sebesar 45,1%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan komunikasi keluarga dengan hasil belajar PKn siswa kelas IV dan V di SDN Pati Wetan 01 dan 02 Kabupaten Pati. Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah pihak sekolah hendaknya membentuk paguyuban sehingga orang tua memiliki wadah untuk sharing dan bersosialisasi mengenai tumbuh kembang anak, guru hendaknya memberikan penyuluhan kepada orangtua supaya meluangkan waktu untuk berkomunikasi dengan anak sehingga dapat memantau tumbuh kembangnya serta membiasakan untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar, dan siswa hendaknya melakukan aktivitas komunikasi yang baik dengan keluarga, supaya dapat terbentuk sikap dan karakter yang baik pula.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, komunikasi keluarga, Pendidikan Kewarganegaraan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 09 May 2019 14:51
Last Modified: 09 May 2019 14:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28248

Actions (login required)

View Item View Item