KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL PICTURE AND PICTURE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SIKAP APRESIATIF SISWA KELAS III SDN PESAYANGAN 01 KABUPATEN TEGAL


Susmiatiningsih Nuswantari , 1401412560 (2016) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL PICTURE AND PICTURE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SIKAP APRESIATIF SISWA KELAS III SDN PESAYANGAN 01 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412560.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (814kB) | Preview

Abstract

Pemilihan model dalam pembelajaran seni rupa perlu memperhatikan berbagai hal seperti berorientasi pada tujuan, waktu, jumlah, dan karakteristik siswa. Kurangnya pemahaman guru terhadap model pembelajaran inovatif dan guru kurang yakin model tersebut dapat meningkatkan pembelajaran seni rupa membuat pembelajaran kurang optimal. Pada kenyataannya kegiatan pembelajaran SBK di sekolah dasar banyak didominasi oleh pembelajaran kreasi sedangkan pembelajaran apresiasi terabaikan. Salah satu model alternatif yang dapat digunakan pada pembelajaran SBK yaitu model pembelajaran Picture and Picture. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Grup Design.Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas III A dan III B SD Negeri Pesayangan 01. Jumlah anggota populasi yaitu 75 siswa. Instrumen yaitu observasi, dokumentasi, angket, dan instrumen tes. Instrumen diuji validitas dan reliabilitasnya. Instrumen angket motivasi belajar akan diuji validitas dan reliabilitasnya, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi normalitas, homogenitas, dan analisis akhir. Pada analisis akhir atau pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil uji hipotesis perbedaan menggunakan independent samples t test, data motivasi belajar menunjukkan nilai thitung> ttabel (3,608 > 1,992) dan nilai signifikansi kurang dari 0,05 (0,001 < 0,05)dan data hasil belajar menunjukkan nilai thitung> ttabel (3,049 > 1,992) dan nilai signifikansi kurang dari 0,05 (0,003 < 0,05). Sementara itu, hasil uji hipotesis keefektifan menggunakan one sample t test, data motivasi belajar menunjukkan thitung> ttabel (42,533 > 2,028) dan nilai signifikansi kurang dari 0,05 (0,000< 0,05) dan data hasil belajar menunjukkan thitung> ttabel (44,071> 2,028) dan nilai signifikansi kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05). Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar SBK materi sikap apresiatif pada siswa kelas III SDN Pesayangan 01 Kabupaten Tegal antara pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Picture and Picture dan yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Selain itu pembelajaran menggunakan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar SBK materi Sikap Apresiatif pada siswa kelas III SDN Pesayangan 01 Kabupaten Tegal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, hasil belajar,Picture and Picture
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 07 Dec 2017 15:43
Last Modified: 07 Dec 2017 15:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28245

Actions (login required)

View Item View Item