PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH PADA PEMBELAJARAN MATERI PROTISTA SMA


Sri Manikati , 4401411026 (2016) PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH PADA PEMBELAJARAN MATERI PROTISTA SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH PADA PEMBELAJARAN MATERI PROTISTA SMA]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH PADA PEMBELAJARAN MATERI PROTISTA SMA) - Published Version
Download (997kB) | Preview

Abstract

Hasil observasi yang dilakukan pada tanggal 16 dan 17 Februari 2015 di SMAN 1 Tunjungan Blora bersama salah satu guru biologi menunjukkan masih diterapkannya metode ceramah. Pemanfaatan media belum maksimal, aktivitas siswa rendah, model pembelajaran kurang bervariasi, serta kesulitan belajar pada materi protista sehingga hasil belajar siswa kurang dari kriteria ketuntasan maksimal (KKM) yaitu 75. Metode pembelajaran yang diharapkan mampu meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar adalah metode pembelajaran kooperatif group investigation. Model ini mengembangkan keterampilan siswa dalam melakukan investigasi, menganalisis data, menyusun laporan, dan presentasi. Pembelajaran biologi lebih menarik ketika menggunakan suatu media. macromedia flash merupakan media interaktif yang mampu mempermudah pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa di SMAN 1 Tunjungan Blora akibat model group investigation berbantuan macromedia flash pada materi protista. Penelitian ini menggunakan desain penelitian One Shot Case Study. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X Matematika dan IPA (MIA) yaitu X MIA 1, X MIA 2, X MIA 3, dan X MIA 4 yang diambil dengan teknik sampling jenuh yaitu tehnik penentuan sampel apabila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Data dalam penelitian ini meliputi hasil belajar kognitif, afektif, psikomotor, tanggapan siswa dan guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model group investigation berbantuan macromedia flash meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Aktivitas belajar siswa menunjukkan persentase 93,33%. Rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 88,17% dan telah mencapai indikator keberhasilan. Hasil belajar afektif siswa menunjukkan 100% siswa dalam kategori baik dan sangat baik. Hasil belajar psikomotor siswa menunjukkan 100% siswa dalam kategori terampil dan sangat terampil. Hasil analisis tanggapan siswa dan guru menunjukkan bahwa siswa dan guru memberikan tanggapan baik dan sangat baik terhadap model group investigation berbantuan macromedia flash. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model group investigation berbantuan macromedia flash meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi protista di SMAN 1 Tunjungan Blora

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: group investigation, macromedia flash, materi protista
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: handoyo eko perpus
Date Deposited: 07 Dec 2017 15:39
Last Modified: 07 Dec 2017 15:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28243

Actions (login required)

View Item View Item