KEEFEKTIFAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN RME BERBANTU ALAT PERAGA MANIPULATIF TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI PECAHAN SISWA KELAS IV SDN PESURUNGAN LOR 1 KOTA TEGAL


Winda Rukmana , 1401412559 (2016) KEEFEKTIFAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN RME BERBANTU ALAT PERAGA MANIPULATIF TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI PECAHAN SISWA KELAS IV SDN PESURUNGAN LOR 1 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412559.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (380kB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang memuat materi berupa konsep yang sifatnya abstrak dan relatif tidak mudah dipahami siswa sekolah dasar pada umumnya. Diantara sekian banyak materi matematika, salah satu yang menjadi kendala bagi siswa yaitu pecahan. Hal tersebut berdampak pada rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan sebagian siswa yang masih mendapat nilai dibawah KKM. Berdasarkan hal tersebut, peneliti berinisiatif mengujikan sebuah pendekatan pembelajaran RME berbantu alat peraga manipulatif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional, bertujuan mengetahui mana yang terbukti lebih efektif meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada matematika di SD. Bentuk desain penelitian dari Quasi Experimental Design yang akan digunakan oleh peneliti yaitu Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Pesurungan Lor 1 Kota Tegal. Pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dengan metode sampling jenuh. Kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol SDN Pesurungan Lor 1 Kota Tegal. Adapun uji coba instrumen dilakukan di kelas IV SDN Kejambon 1 Kota Tegal. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, observasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi normalitas, homogenitas, dan analisis akhir. Pada analisis akhir atau pengujian hipotesis penelitan menggunakan uji t. Berdasarakan hasil uji hipotesis data aktivitas belajar siswa dengan perhitungan menggunakan uji independent sample t test, menunjukkan bahwa thitung sebesar 0,465 dan ttabel sebesar -2,060 (thitung > ttabel). Selanjutnya, hasil uji hipotesis untuk hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung sebesar 0,924 dan ttabel sebesar -2,060 (thitung > ttabel), maka aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi pecahan yang menerapkan pendekatan pembelajaran RME berbantu alat peraga manipulatif lebih tinggi daripada yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Jadi, dapat disimpulkan bahwa, penerapan pendekatan pembelajaran RME berbantu alat peraga manipulatif terbukti efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi pecahan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar, Alat Peraga Manipulatif, Hasil Belajar, Pecahan, Pendekatan RME
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 07 Dec 2017 15:33
Last Modified: 07 Dec 2017 15:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28242

Actions (login required)

View Item View Item