PENGARUH TIPE KEPRIBADIAN DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR SENI RUPA KELAS 5 SEKOLAH DASAR NEGERI SE-GUGUS JODHIPATI PURBALINGGA


Retno Rismawati , 1401412285 (2016) PENGARUH TIPE KEPRIBADIAN DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR SENI RUPA KELAS 5 SEKOLAH DASAR NEGERI SE-GUGUS JODHIPATI PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412285.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (445kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran seni rupa terpadu dengan SBK di sekolah dasar. Aspek-aspek seni rupa di sekolah dasar mencakup pengetahuan, keterampilan dan nilai dalam menghasilkan karya seni. Agar siswa dapat membuat karya seni rupa maka diperlukan kreativitas. Tindakan kreatif muncul dari keunikan keseluruhan kepribadian dalam interaksi dengan lingkungannya. Kepribadian merupakan sebuah kata yang menandakan ciri pembawaan dan pola kelakuan seseorang yang khas bagi pribadi itu sendiri. Kecenderungan kepribadian pada anak dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu kecenderungan kepribadian ekstrovert dan kecenderungan kepribadian introvert. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tipe kepribadian dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar seni rupa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menerapkan metode ex-post facto. Variabel pada penelitian ini yaitu tipe kepribadian dan kreativitas sebagai variabel bebas atau independen. Hasil belajar seni rupa sebagai variabel terikat atau dependen. Populasi pada penelitian ini ialah seluruh siswa kelas 5 SD Negeri se-Gugus Jodhipati Purbalingga tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 137 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Proporsional Random Sampling. Sampel penelitian sebanyak 102 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes kreativitas dan dokumentasi. Teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Fhitung = 3,119. Nilai Fhitung kemudian dibandingkan dengan Ftabel. Hasilnya yaitu 3,119 > 3,088, artinya nilai Fhitung > Ftabel , maka variabel bebas (X1 dan X2) berpengaruh terhadap variabel terikat (Y) atau Ha diterima. Nilai R2 yaitu 0,059. Besarnya pengaruh tipe kepribadian dan kreativitas terhadap hasil belajar seni rupa yaitu 0,059. Hasil tersebut menunjukkan pengaruh yang rendah. Konstribusi atau sumbangan variabel tipe kepribadian dan kreativitas terhadap hasil belajar seni rupa siswa kelas 5 SD Negeri Se-Gugus Jodhipati Purbalingga yaitu sebesar 5,9% sedangkan 94,1% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Oleh karena itu disarankan bagi guru harus bisa mengetahui dan memahami tipe kepribadian dan tingkat kreativitas masing-masing siswanya. Bagi pihak sekolah diharapkan mampu memberikan fasilitas yang memadai serta dukungan dalam setiap kegiatan di sekolah ataupun di luar sekolah agar dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran seni rupa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Seni Rupa, Kreativitas, Tipe Kepribadian.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 07 May 2019 16:00
Last Modified: 07 May 2019 16:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28241

Actions (login required)

View Item View Item