KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SDN GUGUS DEWI KUNTHI KOTA SEMARANG


Lissa Audini , 1401412284 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SDN GUGUS DEWI KUNTHI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412284.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (334kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran PKn di kelas V SDN Gugus Dewi Kunthi Kota Semarang masih belum optimal, akibatnya siswa kurang aktif, cepat bosan dalam pembelajaran. Hal ini guru perlu menggunakan model pembelajaran yang bervariasi. Rumusan masalah yaitu apakah model pembelajaran Course Review Horay efektif terhadap hasil belajar PKn materi keputusan bersama siswa kelas V SDN Gugus Dewi Kunthi Kota Semarang? Bagaimanakah aktivitas siswa dalam pembelajaran PKn dengan model pembelajaran Course Review Horay materi keputusan bersama kelas V SDN Gugus Dewi Kunti Kota Semarang? Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keefektifan model Course Review Horay dan aktivitas siswa pada pembelajaran PKn kelas V SD Gugus Dewi Kunthi Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah Quasi-Experimental Research dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas V SDN Gugus Dewi Kunthi Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel adalah Cluster Random Sampling yakni menentukan sampel sekolah kemudian menentukan kelas eksperimen dan kontrol. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD N Ngijo 1 sebagai kelas eksperimen dan SD N Kalisegoro sebagi kelas kontrol. Dari hasil penelitian ditemukan hasil belajar siswa yang diperoleh dari rata-rata nilai posttest yaitu pada kelas eksperimen menggunakan model CRH sebesar 87,105, sedangkan kelas control menggunakan informasi satu arah sebesar 77,40. Perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan control dibuktikan melalui uji-t dibantu program SPSS versi 2.0 menggunakan teknik independent-sample t test dengan taraf signifikasi 0,05 menunjukkan bahwa t hitung sebesar 6,649 dan t tabel 1,680 dengan signifikasi 0,00. Karena t hitung > t tabel (6,649 > 1,680) dan signifikasi <0,05 ( 0,00 < 0,05) maka mengacu pada ketentuan pengambilan keputusan uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Selain itu juga terdapat hasil uji N-gain kelas eksperimen mencapai 0,58 kategori sedang, sedangkan kelas kontrol mencapai 0,289 kategori rendah. Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran Course Review Horay efektif terhadap hasil belajar PKn materi keputusan bersama siswa kelas V SDN Gugus Dewi Kunthi Kota Semarang. Saran pada penelitian ini, hendaknya menerapkan model pembelajaran inovatif salah satunya model pembelajaran Course Review Horay agar mencipatakan iklim belajar yang menarik sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, model pembelajaran Course Review Horay, hasil belajar PKn
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 07 May 2019 15:59
Last Modified: 07 May 2019 15:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28238

Actions (login required)

View Item View Item