HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV DAN V SDN TAMBAHARJO PATI


Luluk Fauziyah, 1401412283 (2016) HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV DAN V SDN TAMBAHARJO PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412283.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (281kB) | Preview

Abstract

Nilai PKn di SD Negeri Tambaharjo tergolong rendah disebabkan mata pelajaran PKn lebih bersifat hafalan dan guru melakukan pembelajaran searah sehingga menyebabkan siswa pasif saat pembelajaran; penggunaan sumber belajar seperti media, buku, dan sarana belajar cukup memadai dengan mengandalkan buku pinjaman dari perpustakaan dan setiap siswa menggunakan buku LKS; hubungan antar siswa cukup baik tetapi ada beberapa yang membentuk kelompok; dan disiplin sekolah dapat dikatakan baik, namun kondisi di sekolah tergantung pada kondisi dan situasi lingkungan sekitar siswa seperti keluarga dan masyarakat. Sehingga, dapat dirumuskan masalah sebagai berikut: (1) Adakah hubungan lingkungan belajar dengan hasil belajar PKn siswa kelas IV dan V SDN Tambaharjo Pati?; (2) Seberapa besar hubungan lingkungan belajar dengan hasil belajar PKn siswa kelas IV dan V SDN Tambaharjo Pati?. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) mengetahui adanya hubungan lingkungan belajar dengan hasil belajar PKn siswa kelas IV dan V SDN Tambaharjo Pati; (2) mengetahui besarnya hubungan lingkungan belajar dengan hasil belajar PKn siswa kelas IV dan V SDN Tambaharjo Pati. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dan V SDN Tambaharjo 01 dan 02 sebanyak 115 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Stratified Random Sample untuk mengambil 89 sampel. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif dan statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai korelasi 0,729 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Maka, ada hubungan yang signifikan lingkungan belajar dengan hasil belajar siswa kelas IV dan V SDN Tambaharjo Pati. Koefisien korelasi 0,729 tergolong kuat. Koefisien determinasi sebesar 0,531, menunjukkan bahwa presentase konstribusi variabel lingkungan belajar sebesar 53,1%. Maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan lingkungan belajar dengan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV dan V di SDN Tambaharjo. Saran bagi orang tua diharapkan dapat mendukung atau memperhatikan hubungan lingkungan belajar; guru diharapkan dapat menciptakan lingkungan belajar di kelas yang kondusif dalam pembelajaran; dan sekolah hendaknya mengetahui pentingnya keterlibatan orang tua.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Belajar, hasil, lingkungan, PKn
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 07 May 2019 15:58
Last Modified: 07 May 2019 15:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28236

Actions (login required)

View Item View Item