HUBUNGAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV DI SD KECAMATAN GUNUNGPATI SEMARANG


Intan Kusumastuti Zamuri , 1401412280 (2016) HUBUNGAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV DI SD KECAMATAN GUNUNGPATI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412280.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (420kB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah yang diperoleh peneliti, guru kurang maksimal dalam menerapkan keterangan dasar mengajar, padahal keberhasilan belajar siswa salah satunya dipengaruhi oleh keterampilan dasar mengajar guru. Perumuskan masalah yaitu adakah hubungan signifikan antara keterampilan dasar mengajar dengan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Kecamatan Gunungpati Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan signifikan antara keterampilan dasar mengajar dengan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Gunungpati Semarang. Jenis penelitian kuantitatif korelasional. Populasi sejumlah 101 siswa dan sampel sejumlah 84 siswa. Penentuan sample menggunakan tabel Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% yaitu mendapatkan jumlah sample sebanyak 84 siswa, sedangkan teknik sampling menggunakan proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data berupa angket dan data dokumentasi. Uji prasyarat analisis data meliputi uji normalitas dan uji linearitas. Analisis akhir yaitu meliputi uji hipotesis dan koefisien determinasi. Hasil dari penelitian ini yaitu diperoleh r hitung sebesar 0,764 lebih dari r tabel 0,220 dan dapat ditulis 0,764 > 0,220. Sehingga ada hubungan yang signifikan antara keterampilan dasar mengajar dan hasil belajar PKn siswa kelas IV di SD Gunungpati, Semarang dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,764 termasuk dalam kategori kuat. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,584 yang menunjukkan bahwa keterampilan dasar memberikan kontribusi terhadap hasil belajar siswa sebesar 0,584 x 100 % = 58,4 %. Kesimpulan dalam penelitian adalah keterampilan dasar mengajar dan hasil belajar PKn mempunyai hubungan yang positif / kuat. Saran yang dapat diberikan sebagai berikut: 1) bagi guru, sebaiknya keterampilan yang belum tampak dalam pembelajaran seperti keterampilan penguatan bisa ditingkatkan agar siswa lebih termotivasi untuk rajin belajar, 2) bagi siswa, sebaiknya lebih meningkatkan semangat dan memperhatikan pelajaran ketika guru menjelaskan untuk belajar agar hasil belajar yang didapat bisa lebih maksimal dan memuaskan, 3) bagi sekolah, sebaiknya lebih memperhatikan dan mendukung pengembangan keterampilan dasar mengajar para pendidik dengan mengikut sertakan para guru ke berbagai pelatihan, workshop, seminar, serta kegiatan rutin seperti KKG.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan dasar mengajar, hasil belajar PKn
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 07 May 2019 15:58
Last Modified: 07 May 2019 15:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28233

Actions (login required)

View Item View Item