HUBUNGAN RASA PERCAYA DIRI SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA DI SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KABUPATEN GROBOGAN


Evy Nursannah , 1401412278 (2016) HUBUNGAN RASA PERCAYA DIRI SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA DI SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KABUPATEN GROBOGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412278.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (294kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi setiap individu yang memiliki lingkungan dan latar belakang yang berbeda, sehingga hal itu mempengaruhi kepribadian dan pembentukan rasa percaya diri dan interaksi pada lingkungannya. Rasa percaya diri seseorang banyak dipengaruhi oleh tingkat kemampuan yang dimiliki. Dalam proses kematangan kepribadian, remaja secara bertahap memunculkan sifat-sifat yang saling berbenturan dengan rangsangan dari lingkungan sekitar. Di sinilah peran mata pelajaran bahasa Indonesia yang memiliki ruang lingkup yang meliputi empat keterampilan berbahasa, yaitu keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca dan keterampilan menulis. Keempat keterampilan ini saling berinteraksi dan bersinergi untuk mewujudkan keterampilan berkomunikasi yang optimal. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Hal yang diteliti adalah hubungan rasa percaya diri siswa dengan prestasi belajar Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk menjawab rumusan masalah yaitu untuk mengetahui hubungan rasa percaya diri siswa dengan prestasi belajar Bahasa Indonesia di SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kabupaten Grobogan. Penelitian ini dilakukan pada kelas IV di SDN Gugus Ki Hajar Dewantara dengan sampel penelitian berjumlah 75 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji intrumen dilakukan dengan uji validitas Berdasarkan hasil analisis menunjukkan adanya hubungan percaya diri siswa dengan prestasi belajar siswa dengan taraf signifikan <0,05. Kesimpulan yang dapat diambil berdasarkan hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara percaya diri dengan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV di SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kabupaten Grobogan dilihat dari hasil analisis pada taraf signifikan r xy = 0,696 dibandingkan dengan r tabel pada taraf signifikan 5% = 0,279. Dengan demikian r xy lebih besar dibandingkan dengan r tabel menunjukkan hasil signifikan, hubungan tersebut termasuk pada kategori hubungan yang kuat. Untuk itu, peran orang tua, guru, maupun lingkungan sekitar sangatlah penting dalam menciptakan dan mengembangkan percaya diri siswa, sehingga siswa akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Percaya diri, hubungan, prestasi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 07 May 2019 15:58
Last Modified: 07 May 2019 15:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28231

Actions (login required)

View Item View Item