HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN SEJATIBARANG KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG


LUKMAN MUNAJAT , 1401412270 (2016) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN SEJATIBARANG KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412270.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (247kB) | Preview

Abstract

Motivasi dan prestasi memiliki hubungan yang berbanding lurus , siswa yang memiliki motivasi tinggi cenderung mendapat prestasi yang baik sebaliknya, siswa yang memiliki motivasi rendah prestasi belajar mereka juga cenderung rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah motivasi belajar dan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SDN Se-Jatibarang dan adakah hubungan motivasi belajr dengan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SDN SeJatibarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar dan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SDN Se-Jatibarang, adakah hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SDN Se-Jatibarang. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 58 siswa, Sampel menggunakan teknik nonprobability sampling yaitu sampling jenuh sebagai teknik penelitiannya. Sampling jenuh adalah teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Alat pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan wawancara. Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan presentase. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan adanya hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa dengan taraf signifikan <0.05. Hasil analisis pada taraf signifikan r xy = 0,9837 dibandingkan dengan r tabel pada taraf signifikan 5% = 0,254. Dengan demikian r xy lebih besar dari rtabel atau rxy > rtabel menunjukan hasil yang signifikan,hubungan tersebut termasuk pada kategori hubungan yang sangat kuat. Kesimpulan yang dapat diambil berdasarkan hasil penelitian ini adalah Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS di SDN Se-Jatibarang kecamatan Mijen, kota Semarang. Untuk itu peran orang tua, guru dan lingkungan sekitar sangatlah penting dalam menciptakan dan mengembangkan motivasi siswa, sehingga mereka akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Hubungan, Prestasi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 07 May 2019 15:57
Last Modified: 07 May 2019 15:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28228

Actions (login required)

View Item View Item