PENGEMBANGAN “STAND BASED INTERACTIVE BIOLOGY LABORATORY GUIDANCE” DENGAN PENDEKATAN GUIDED INQUIRY UNTUK KELAS X SMA KEBON DALEM SEMARANG
Elyana Widianingrum , 4401411018 (2015) PENGEMBANGAN “STAND BASED INTERACTIVE BIOLOGY LABORATORY GUIDANCE” DENGAN PENDEKATAN GUIDED INQUIRY UNTUK KELAS X SMA KEBON DALEM SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN “STAND BASED INTERACTIVE BIOLOGY LABORATORY GUIDANCE” DENGAN PENDEKATAN GUIDED INQUIRY UNTUK KELAS X SMA KEBON DALEM SEMARANG)
- Published Version
Download (651kB) | Preview |
Abstract
Sesuai Permendikbud nomor 160 tahun 2014 tentang pemberlakuan masa peralihan kurikulum, beberapa sekolah mengalami penyesuaian materi ajar yang diberikan untuk siswa, salah satunya di SMA Kebon Dalem Semarang. Pada lampiran Permendikbud nomor 69 tahun 2013 tentang kompetensi dasar SMA kurikulum 2013, terdapat beberapa materi biologi kelas X semester genap yang mewajibkan siswa untuk melakukan pengamatan; meliputi Jamur, Klasifikasi Tumbuhan, Klasifikasi Animalia, Ekosistem dan Pencemaran lingkungan. Selain itu berdasarkan data hasil observasi pustaka mengenai buku petunjuk praktikum berbasis kurikulum 2013 untuk SMA kelas X belum tersedia. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti mengembangkan sebuah petunjuk praktikum biologi interaktif untuk kelas X SMA/MA yang disajikan dalam bentuk stand based menggunakan pendekatan guided inquiry. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian pengembangan dari Sugiyono yang dimodifikasi. Prosedur tersebut meliputi tahap studi pendahuluan, perencanaan, merancang desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba skala kecil, uji coba skala besar, produk akhir. Petunjuk praktikum ini divalidasi oleh 2 orang dosen, dan diuji coba keterbacaan oleh 2 orang guru biologi dan 25 orang siswa. Instrumen yang digunakan berupa lembar check list. Penelitian pengembangan ini dikatakan berhasil apabila 1) rata-rata penilaian pakar media dan pakar materi mencapai ≥ 62,51% sesuai kriteria validitas media pembelajaran, 2) rata-rata penilaian guru dan siswa mencapai ≥ 62,51% sesuai kriteria tanggapan guru dan siswa terhadap media pembelajaran, 3) hasil belajar 75% siswa mencapai ≥ 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil penilaian validitas petunjuk praktikum oleh validator mencapai 89 %. Pada uji coba produk skala kecil di kelas X SMA Kebon Dalem Semarang menunjukkan tanggapan siswa mencapai 89 % ,pada uji coba produk skala besar mencapai 84 %. Hasil tanggapan guru terhadap penggunaan produk dalam pembelajaran mencapai 77 %. Hasil belajar yang diperoleh belum memenuhi kriteria ketuntasan KKM 75 %. Berdasarkan data hasil belajar siswa tuntas KKM hanya mencapai 32 %. Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain daya dukung lingkungan, motivasi belajar siswa dalam melakukan praktikum, dan komposisi soal yang digunakan untuk mengukur hasil belajar. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa Stand Based Interactive Biology Laboratory Guidance yang dikembangkan dalam penelitian ini telah memenuhi standar sebagai bahan ajar, akan tetapi belum efektif terhadap hasil belajar yang diperoleh siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Penelitian pengembangan, Laboratory Guidance , Interactive, Guided inquiry. |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Instructional Media L Education > L Education (General) > Learning Model Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1 |
Depositing User: | handoyo eko perpus |
Date Deposited: | 07 Dec 2017 14:21 |
Last Modified: | 07 Dec 2017 14:21 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28227 |
Actions (login required)
View Item |