KEEFEKTIFAN MULTIMEDIA SISTEM SIRKULASI (MuSiSi) BERBASIS LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISTEM SIRKULASI DI SMA


Febby Dwi Andriani , 4401411017 (2016) KEEFEKTIFAN MULTIMEDIA SISTEM SIRKULASI (MuSiSi) BERBASIS LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISTEM SIRKULASI DI SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MULTIMEDIA SISTEM SIRKULASI (MuSiSi) BERBASIS LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISTEM SIRKULASI DI SMA]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MULTIMEDIA SISTEM SIRKULASI (MuSiSi) BERBASIS LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISTEM SIRKULASI DI SMA) - Published Version
Download (999kB) | Preview

Abstract

Materi sistem sirkulasi merupakan materi pembelajaran biologi di SMA kelas XI pada semester gasal. Materi ini masih dianggap masih sulit untuk dikuasai siswa kelas XI. Menurut beberapa siswa SMA N 11 Semarang dan SMA N 1 Bae Kudus, materi sistem sirkulasi berisi uraian yang tidak kasat mata, sulit mengkaitkan antara strutur dan fungsi organ yang berperan dalam sistem sirkulasi sehingga siswa kurang termotivasi dan kurang aktif dalam mempelajarinya. Learning Cycle (LC) merupakan salah satu model pembelajaran yang mampu membangkitkan motivasi dan minat siswa. LC merupakan strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa. LC terdiri dari rangkaian tahap-tahap kegiatan yang diorganisasi sedemikian rupa sehingga siswa dapat menguasai kompetensi yang harus dicapai dalam pembelajaran dengan adanya peran aktif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui MuSiSi berbasis Learning Cycleterhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk Quasi Experimental yang dirancang dengan Posttest-Only Control Design. Populasinya adalah kelas XI Mipa SMA N 11 Semarang yang terdiri dari 7 kelas. Sampel yang digunakan adalah kelas XI Mipa 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Mipa 2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi, dan angket. Hasil uji t menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen (84,9) lebih tinggi dari kelas kontrol (76). Rata-rata nilai afektif kelas eksperimen (90) lebih besar dari kelas kontrol (82,6). Siswa memberikan tanggapan sangat baik terhadap proses pembelajaran sistem sirkulasi menggunakan MuSiSi berbasis learning cycle yaitu rata-rata persentase tanggapan siswa sebesar 89%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa MuSiSi berbasis Learning Cycle efektif terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem sirkulasi. Oleh karena itu, MuSiSi berbasis Learning Cycle secara teoritis dapat digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: hasil belajar siswa, keefektifan, learning cylcle, musisi
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Learning Model
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: handoyo eko perpus
Date Deposited: 07 Dec 2017 14:16
Last Modified: 07 Dec 2017 14:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28226

Actions (login required)

View Item View Item