PENGARUH GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SDN GUGUS dr. CIPTO MANGUNKUSUMO KABUPATEN PATI


SHOFIA NUR WIDAYAH , 1401412269 (2016) PENGARUH GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SDN GUGUS dr. CIPTO MANGUNKUSUMO KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412269.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (354kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan permasalahan yang ditemukan di SDN Gugus dr. Cipto Mangunkusumo Kabupaten Pati peneliti menemukan bahwa perbedaan gaya belajar siswa, siswa kurang aktif, dan nilai Pendidikan Kewarganegaraan berada di bawah KKM. Adapun rumusan masalahnya: 1) Bagaimanakah gaya belajar siswa di SDN Gugus dr. Cipto Mangunkusumo Kabupaten Pati, 2) Bagaimanakah hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan di SDN Gugus dr. Cipto Mangunkusumo Kabupaten Pati, 3) Bagaimanakah pengaruh gaya belajar siswa terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan di SDN Gugus dr. Cipto Mangunkusumo Kabupaten Pati. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode korelasi. Lokasi penelitian di SDN Gugus dr. Cipto Mangunkusumo Kabupaten Pati. Populasi penelitian ini adalah 209 siswa kelas IV SDN Gugus dr. Cipto Mangunkusumo Kabupaten Pati. Pengambilan sampel dengan sampel proporsi atau proportional sampling diperoleh 55 siswa. Teknik pengumpulan data dengan angket, tes dan dokumentasi. Analisis data awal atau uji prasyarat dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan linieritas. Sedangkan analisis data akhir yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah dengan teknik analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dari analisis statistik deskriptif diperoleh: (a) gaya belajar siswa yang paling dominan adalah gaya belajar visual yaitu dengan frekuensi 30 siswa (54,54%) memiliki gaya belajar visual, 14 siswa (24,45%) memiliki gaya belajar auditori, dan 11 siswa (20%) memiliki gaya belajar kinestetik; (b) hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan masuk dalam kategori tuntas yaitu ada 41 siswa (74,54%) sedangkan kategori tidak tuntas ada 14 siswa (25,45%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh antara gaya belajar siswa terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan di SDN Gugus dr. Cipto Mangunkusumo Kabupaten Pati; (2) besarnya pengaruh gaya belajar siswa terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan di SDN Gugus dr. Cipto Mangunkusumo Kabupaten Pati sebesar 61,2% dan 38,8% merupakan faktor lain (disiplin, motivasi, keadaan jasmani siswa dll) yang mempengaruhi hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Oleh karena itu, guru harus mengetahui perbedaan gaya belajar siswanya dan dapat menerapkan metode atau strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan perbedaan gaya belajar siswanya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gaya belajar, Hasil belajar, Pendidikan Kewarganegaraan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 07 May 2019 15:57
Last Modified: 07 May 2019 15:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28225

Actions (login required)

View Item View Item