PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA SD GUGUS KOPI KECAMATAN KANDANGAN KABUPATEN TEMANGGUNG
ARNI INDAYANTI NIM , 1401412268 (2016) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA SD GUGUS KOPI KECAMATAN KANDANGAN KABUPATEN TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (607kB) | Preview |
Abstract
Pola asuh orang tua merupakan hal penting yang dapat mempengaruhi hasil belajar anak. Perbedaan pola asuh yang diterapkan oleh orang tua dapat mengakibatkan hasil belajar yang berbeda pada diri anak, seperti halnya pola asuh orang tua siswa kelas IV siswa SD Gugus Kopi Kecamatan Kandangan Kabupaten Temanggung. Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar IPS siswa SD Gugus Kopi Kecamatan Kandangan Kabupaten Temanggung. Berdasarkan rumusan masalah yang dikemukakan, tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk menguji pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar IPS di SD Gugus Kopi Kecamatan Kandangan Kabupaten Temanggung. Lokasi penelitian ini berada di 8 SD Gugus Kopi Kecamatan Kandangan Kabupaten Temanggung. Penelitian ini menggunakan metode korelasi dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 122 siswa kelas IV SDN Gugus Gugus Kopi Kecamatan Kandangan Kabupaten Temanggung. Pengambilan sampel dengan menggunakan sampel proporsi atau proportional sampling diperoleh 48 siswa. Analisis data awal atau uji prasyarat dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linieritas. Sedangkan analisis data akhir yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah dengan teknik analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh orang tua memberikan pengaruh 27,6% terhadap hasil belajar IPS sedangkan sisanya 72,4% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Pola asuh orang tua dan hasil belajar IPS siswa mempunyai hubungan yang positif dan signifikan yaitu 0,525. Hasil persamaan regresi menunjukkan Y = 9,894 + 1,046 X, hal ini menunjukkan setiap kenaikan satu satuan pola asuh orang tua menyebabkan kenaikan skor nilai hasil belajar IPS sebesar 1,04 dengan konstanta 9,894 yang berarti terdapat pengaruh signifikan antara pola asuh orang tua terhadap hasil belajar IPS siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua terhadap hasil belajar IPS di SD Gugus Kopi Kecamatan Kandangan Kabupaten Temanggung. Peneliti menyarankan bagi pihak sekolah agar mengintensifkan hubungan yang sinergis antara sekolah dengan wali murid untuk membantu siswa dalam kegiatan belajar serta memberikan pola asuh demokratis secara optimal karena pola asuh tersebut dapat memberikan pengaruh yang baik pada hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Pola Asuh Orang Tua |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 07 May 2019 15:57 |
Last Modified: | 07 May 2019 15:57 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28224 |
Actions (login required)
View Item |