PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DI SDN GUGUS dr. SUTOMO KAJEN KABUPATEN PEKALONGAN
Eka Fitriana , 1401412267 (2016) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DI SDN GUGUS dr. SUTOMO KAJEN KABUPATEN PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (444kB) | Preview |
Abstract
Masalah yang ditemukan yaitu tingkat perhatian orang tua siswa kurang terhadap pendidikan anak, banyak orang tua yang hanya sibuk dengan pekerjaannya sehingga tidak memberikan perhatian dan pengarahan kepada anaknya dalam bidang sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, (1) Seberapa tinggi tingkat pendidikan orang tua siswa di SDN Gugus dr. Sutomo Kajen Kabupaten Pekalongan? (2) Seberapa tinggi tingkat hasil belajar IPS siswa di SDN Gugus dr. Sutomo Kajen Kabupaten Pekalongan? (3) Bagaimanakah Pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap hasil belajar IPS di SDN Gugus dr. Sutomo Kajen Kabupaten Pekalongan?. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendiskripsikan tingkat pendidikan orang tua siswa di SDN Gugus dr. Sutomo Kajen Kabupaten Pekalongan. (2) Mendiskripsikan tingkat Hasil Belajar mata pelajaran IPS siswa di SDN Gugus dr. Sutomo Kajen Kabupaten Pekalongan. (3) Menguji pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap Hasil Belajar IPS kelas III SDN Gugus dr. Sutomo Kajen Kabupaten Pekalongan. Penelitian menggunakan metode korelasi. Lokasi penelitian di SDN Gugus dr. Sutomo Kajen Kabupaten Pekalongan. Populasi penelitian ini yaitu terdapat 145 siswa kelas III SDN Gugus dr. Sutomo Kajen Kabupaten Pekalongan. Pengambilan sampel dengan menggunakan proporsi atau proportional sampling diperoleh 58 siswa. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi, angket dan tes. Analisis data awal atau uji prasyarat dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan linieritas. Sedangkan analisis data akhir yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah dengan teknik analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini adalah: Terdapat Pengaruh positif Tingkat Pendidikan Orang Tua terhadap Hasil Belajar IPS yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,686 dan koefisien determinasi sebesar 0,470 yang artinya sebesar 47% variabel Tingkat Pendidikan Orang Tua mempengaruhi Hasil Belajar IPS. Berdasarkan hasil pembahasan analisis di atas dapat disimpulkan tingkat pendidikan orang tua siswa kelas III di SDN Gugus dr. Sutomo Kajen Kabupaten Pekalongan dalam kategori menengah. Hasil belajar IPS siswa kelas III di SDN Gugus dr. Sutomo Kajen Kabupaten Pekalongan dalam kategori tuntas. Sebagai orang tua sebaiknya menempuh pendidikan semaksimal mungkin agar dapat membimbing anak-anaknya untuk berprestasi.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar IPS, Tingkat Pendidikan Orang Tua |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 07 May 2019 15:56 |
Last Modified: | 07 May 2019 15:56 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28223 |
Actions (login required)
View Item |