PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS IV SDN PURWOYOSO 03 SEMARANG


ALIF NURHIDAYAH , 1401412266 (2016) PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS IV SDN PURWOYOSO 03 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412266.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (607kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: adakah pengaruh penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas IV SDN Purwoyoso 03 Semarang? Dan seberapa besar pengaruh penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas IV SDN Purwoyoso 03 Semarang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas IV SDN Purwoyoso 03 Semarang. Jika ada pengaruh, maka seberapa besar pengaruh penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas IV SDN Purwoyoso 03 Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah korelasi. Subjek penelitian terdiri atas 61 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportionate Stratified Random Sampling. Variabel terikat pada penelitian ini adalah keterampilan menulis karangan narasi. Variabel bebasnya adalah penguasaan kosakata. Teknik pengumpulan data penguasaan kosakata dan keterampilan menulis karangan narasi menggunakan tes subjektif. Data hasil penguasaan kosakata dan keterampilan menulis karangan narasi dianalisis dengan regresi linier sederhana. Hasil analisis diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,503 dan koefisien determinasi sebesar 25,3% serta persamaan garis regresi Ŷ= 41,138 + 0,411X. Melalui analisis pengujian diperoleh bahwa koefisien korelasi dan koefisien determinasi signifikan. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas IV SDN Purwoyoso 03 Semarang. Saran yang diberikan adalah: (1) bagi guru sangat penting dalam pembelajaran kosakata supaya siswa terampil berbahasa, salah satunya menulis karangan narasi, (2) bagi siswa diharapkan untuk menambah daftar kosakata supaya lebih mudah menulis, dan (3) bagi peneliti lain diharapkan dapat meneliti faktor-faktor lain yang memengaruhi keterampilan menulis karangan narasi, sehingga tujuan pendidikan tercapai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kosakata; menulis; narasi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 07 May 2019 15:56
Last Modified: 07 May 2019 15:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28222

Actions (login required)

View Item View Item