PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD GUGUS PATIMURA KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN SEMARANG


Annisa Fathihah , 1401412265 (2016) PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD GUGUS PATIMURA KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412265.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (366kB) | Preview

Abstract

Kemampuan membaca merupakan faktor yang utama dalam menunjang keberhasilan dalam mempelajari di semua bidang studi. Salah satu faktor kebahasaan yang berhubungan erat dan seringkali menjadi kendala terhadap kemampuan membaca adalah faktor penguasaan kosakata. Tingkat penguasaan kosakata siswa sangat berpengaruh terhadap keterampilan berbahasanya. Rendahnya kemampuan membaca di Indonesia disebabkan kurang diperhatikannya penguasaan kosakata sebagai salah satu faktor penunjang pembelajaran khususnya di Sekolah Dasar. Dari permasalahan tersebut penelitian ini ingin melihat apakah terdapat pengaruh antara penguasaan kosakata dengan kemampuan membaca pemahaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penguasaan kosakata terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Gugus Patimura Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang. Penelitian ini adalah penelitian survei dengan analisis korelasional dengan jenis penelitian korelasi kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Gugus Patimura Kabupaten Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sample pada penelitian berjumlah 74 siswa dengan perincian 18 siswa kelas V SDN Rembes 01, 17 siswa kelas V SDN Rembes 02, 11 siswa kelas V SDN Gogodalem 01 sampel penelitian, dan 28 siswa kelas V SDN Gogodalem 02 sebagai kelas uji coba instrument. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa tes penguasaan kosakata dan kemampuan membaca pemahaman serta dokumentasi. Uji normalitas menggunakan chi kuadrat, uji lineeritas menggunakan analisis varians, dan uji hipotesis menggunakan analisis korelasi product moment, analisis regresi linear sederhana dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian didapat thitumg sebesar 0,828 > 0,291 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000< 0,05 menunjukkan hasil yang signifikan. Dengan pengaruh penguasaan kosakata terhadap kemampuan membaca pemahaman sebesar 68,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara penguasaan kosakata terhadap kemampuan membaca pemahamanpada siswa kelas V SDN Gugus Patimura Kabupaten Semarang. Saran yang diberikan adalah 1) bagi guru untuk memberikan perhatian khusus dalam kegiatan membaca serta penguasaan kosakata siswa, 2) bagi siswa untuk meningkatkan penguasaan kosakata yang akan meningkatkan pula kemampuan membaca pemahaman, 3) bagi peneliti selanjutnya untuk dijadikan sebagai penambah informasi agar dapat mengembangkan penelitian yang lebih mendalam.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Pemahaman, Penguasaan Kosakata.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 07 May 2019 15:55
Last Modified: 07 May 2019 15:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28221

Actions (login required)

View Item View Item