ANALISIS BUTIR SOAL LATIHAN BUKU AJAR IPA KELAS V SD NEGERI GUGUS ANTASARI KECAMATAN TEGAL BARAT KOTA TEGAL


upung Marpu’ah , 1401412263 (2016) ANALISIS BUTIR SOAL LATIHAN BUKU AJAR IPA KELAS V SD NEGERI GUGUS ANTASARI KECAMATAN TEGAL BARAT KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412263.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (269kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan wawancara dan survei awal dengan guru kelas V dan kepala SD Negeri Gugus Antasari Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal, diketahui berbagai buku ajar IPA yang digunakan di kelas V. Buku yang paling banyak digunakan dan sesuai dengan kurikulum yaitu buku dengan judul IPA 5 Salingtemas. Diperoleh informasi bahwa soal-soal latihan yang terdapat pada buku ajar tersebut sering digunakan sebagai tes awal dan akhir suatu pembelajaran, baik soal bentuk pilihan ganda maupun uraian. Namun, penggunaan soal-soal latihan tersebut tanpa melalui tahapan analisis butir soal. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Bagaimanakah kualitas butir soal latihan yang terdapat pada buku ajar IPA 5 Salingtemas?”. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kualitas butir soal latihan yang terdapat pada buku ajar IPA 5 Salingtemas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh, yakni semua soal latihan yang terdapat pada buku ajar IPA 5 Salingtemas. Sumber data dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru kelas, dan dokumen. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data kualitatif dianalisis menggunakan teknik analisis validitas isi menurut Gregory dan pencocokkan jenjang ranah kognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal-soal yang terdapat pada buku ajar IPA 5 Salingtemas, baik soal bentuk pilihan ganda (255 butir) maupun uraian (105 butir) ditinjau dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa memiliki indeks validitas isi dengan kategori sangat tinggi (1,00). Distribusi jenjang ranah kognitif soal pilihan ganda, terdapat 146 (57%) soal berkategori C1, 102 (40%) soal berkategori C2, dan 7 (3%) soal berkategori C3. Distribusi jenjang ranah kognitif soal uraian, terdapat 27 (26%) soal berkategori C1, 67 (64%) soal berkategori C2, dan 11 (10%) soal berkategori C3. Secara keseluruhan, soal-soal latihan yang terdapat pada buku ajar IPA 5 Salingtemas merupakan soal yang cukup baik, karena persebaran jenjang ranah kognitif kurang merata dan tidak terdapat pedoman penskoran. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa analisis butir soal pada buku ajar dapat mendeteksi kekurangan soal-soal, khususnya soal-soal latihan yang terdapat pada buku IPA 5 Salingtemas. Oleh karena itu, penggunaan soal sebaiknya melalui tahapan analisis butir soal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis Butir Soal, Mata Pelajaran IPA, Soal Pilihan Ganda, Soal Uraian.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 07 May 2019 15:23
Last Modified: 07 May 2019 15:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28220

Actions (login required)

View Item View Item