PENGARUH MINAT MEMBACA CERITA ANAK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS V SDN PATEMON 01 KECAMATAN GUNUNGPATI SEMARANG


Arin Indriyani , 1401412260 (2016) PENGARUH MINAT MEMBACA CERITA ANAK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS V SDN PATEMON 01 KECAMATAN GUNUNGPATI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412260.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (349kB) | Preview

Abstract

Membaca merupakan tuntutan realitas kehidupan, maka perlu ditanamkan minat membaca sejak dini. Pada kenyataannya budaya membaca pada siswa SD masih rendah, siswa hanya membaca ketika ada instruksi guru dan perpustakaan sekolah belum dimanfaatkan secara maksimal. Padahal dengan wawasan yang luas tentang dunia anak, anak-anak dapat menuangkan kreativitasnya menjadi sebuah tulisan. Berbagai kesulitan muncul ketika anak mulai menulis karangan. Mereka kesulitan menyusun kalimat dan kurang menguasai tata bahasa. Kesulitan tersebut menyebabkan mereka kurang mampu menyampaikan pikiran dan gagasan dengan baik sehingga menjadi enggan untuk menulis. Tujuan dari penelitian ini yaitu, mengetahui adanya pengaruh dan seberapa besar pengaruh minat membaca cerita anak terhadap keterampilan menulis karangan narasi. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Patemon 01 Kecamatan Gunungpati Semarang sebanyak 36 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yakni teknik sampling jenuh dengan mengambil 36 sampel. Metode pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis regresi minat membaca cerita anak secara signifikan mempengaruhi keterampilan menulis karangan narasi, diketahui thitung 4,361 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Koefisien determinasi sebesar 0,359 menunjukkan bahwa persentase kontribusi pengaruh variabel independen sebesar 35,9%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan minat membaca cerita anak terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SDN Patemon 01 Kecamatan Gunungpati Semarang. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih dalam ilmu pendidikan. Minat membaca dapat terus ditingkatkan untuk menambah wawasan dengan berbagai macam nilai kehidupan. Bagi guru hendaknya dapat memberikan perhatian khusus dalam kegiatan membaca, bagi orang tua dapat membiasakan anak sejak dini untuk gemar membaca. Bagi penelitian selanjutnya dapat menindaklanjuti penelitian ini untuk mengembangkan teori dan konsep yang terkait dengan minat membaca dan keterampilan menulis karangan narasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Cerita anak; keterampilan menulis karangan narasi; minat membaca
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 07 May 2019 15:23
Last Modified: 07 May 2019 15:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28219

Actions (login required)

View Item View Item