ANALISIS KESALAHAN EJAAN PADA BUKU TEKS INDAHNYA BAHASA DAN SASTRA BAHASA INDONESIA UNTUK SD/MI KELAS V SDN GAJAHMUNGKUR 02 SEMARANG


Sylvia Ervina Safitri , 1401412259 (2016) ANALISIS KESALAHAN EJAAN PADA BUKU TEKS INDAHNYA BAHASA DAN SASTRA BAHASA INDONESIA UNTUK SD/MI KELAS V SDN GAJAHMUNGKUR 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412259.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (590kB) | Preview

Abstract

Setiap kegiatan pembelajaran membutuhkan sumber belajar, salah satunya adalah buku teks. Buku teks yang digunakan siswa kelas V di SDN Gajahmungkur 02 Semarang adalah buku teks Indahnya Bahasa dan Sastra Bahasa Indonesia yang diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional yang telah dinilai oleh BSNP. Buku teks menjadi media belajar siswa sebagai pedoman dalam pembelajaran yang selalu dibaca dan dipelajari. Namun dalam kenyataanya, buku teks tersebut penulisannya tidak sesuai dengan kaidah penggunaan ejaan sehingga mengiginkan peneliti untuk menganalisis kesalahan berbahasa pada bidang ejaan. Kesalahan penggunaan ejaan yang terdapat dalam buku teks akan memengaruhi pola kebiasaan berbahasa yang salah untuk jenjang berikutnya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk kesalahan dan mendeskripsikan bentuk pembetulan data kesalahan yang ditemukan, yaitu (1) penggunaan huruf, (2) penulisan kata, dan (3) penggunaan tanda baca pada buku teks Indahnya Bahasa dan Sastra Bahasa Indonesia untuk SD/MI kelas V. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah buku teks Indahnya Bahasa dan Sastra Bahasa Indonesia untuk SD/MI kelas V. Data penelitian berupa kesalahan ejaan yang ditemukan pada buku teks. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan human instrument, yaitu peneliti sendiri. Keabsahan data diperoleh melalui uji kredibilitas dan dependabiliti. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa masih terdapat kesalahan ejaan dalam buku Indahnya Bahasa dan Sastra Bahasa Indonesia untuk SD/MI kelas V. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data keseluruhan kesalahan ejaan sebanyak 904 kasus kesalahan, yaitu (1) kesalahan penggunaan huruf sebanyak 288 kesalahan atau 31,9%, (2) kesalahan penulisan kata sebanyak 95 kesalahan atau 10,5%, (3) kesalahan penggunaan tanda baca sebanyak 521 kesalahan atau 57,6%. Saran yang diberikan adalah (1) bagi guru, hendaknya dapat memberikan bimbingan atau penjelasan kepada siswa mengenai pembetulan ejaan pada buku teks agar siswa dapat menggunakan ejaan yang tepat; (2) siswa disarankan agar lebih kritis dalam meningkatkan pengetahuan kaidah ejaan agar tercipta pola kebiasaan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar; (3) bagi sekolah, sebaiknya lebih selektif dalam memilih buku teks yang digunakan siswa sebagai bahan ajar di sekolah; dan (4) bagi editor buku, hendaknya lebih teliti dan memerhatikan penulisan sesuai kaidah ejaan yang berlaku.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Buku teks, ejaan, kesalahan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LC Special aspects of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: retma upt perpus
Date Deposited: 07 May 2019 15:22
Last Modified: 07 May 2019 15:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28218

Actions (login required)

View Item View Item