PENGARUH KREATIVITAS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD SE-GUGUS MAJAPAHIT KECAMATAN WANGON KABUPATEN BANYUMAS


Danang Indra Kusuma , 1401412258 (2016) PENGARUH KREATIVITAS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD SE-GUGUS MAJAPAHIT KECAMATAN WANGON KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412258.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (682kB) | Preview

Abstract

Kualitas pendidikan dapat dilihat dari hasil belajar yang dicapai oleh siswa. Salah satu hasil belajar yang dapat dilihat adalah hasil belajar dari mata pelajaran IPS. Hasil belajar siswa merupakan petunjuk adanya usaha yang dilakukan siswa dalam proses pembelajaran. Dalam pembelajaran siswa masih pasif sedangkan gurunya sangat aktif. Hal ini menunjukkan bahwa kreativitas dan motivasi belajar siswa masih rendah, yang mana mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa terutama pada mata pelajaran IPS. Berdasarkan permasalahan yang ada, peneliti bermaksud melakukan penelitian tentang pengaruh kreativitas dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V SD se-Gugus Majapahit Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode survey. Variabel penelitiannya yaitu kreativitas (X1), motivasi belajar (X2) dan hasil belajar IPS (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD se-Gugus Majapahit Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas sebanyak 330 siswa. Sampel penelitian sebanyak 181 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan datanya yaitu menggunakan kuesioner, dokumentasi, dan wawancara. Pengujian hipotesis menggunakan uji analisis regresi linier sederhana, analisis regresi linier berganda, analisis korelasi ganda (R), analisis determinasi (R2), dan uji koefisien regresi secara bersama-sama (Uji F). Uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji liniearitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Semua penghitungan diolah menggunakan program SPSS versi 21. Hasil penelitian yaitu: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kreativitas terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD se-Gugus Majapahit Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara motivai belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD seGugus Majapahit Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas; (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kreativitas dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD se-Gugus Majapahit Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas; (4) Besarnya sumbangan pengaruh kreativitas terhadap hasil belajar adalah 8,9%; (5) Besarnya sumbangan pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar adalah 8,6%; (6) Besarnya sumbangan pengaruh kreativitas dan motivasi belajar terhadap hasil belajar adalah 11,3%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Kreativitas; Motivasi Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 07 May 2019 15:22
Last Modified: 07 May 2019 15:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28217

Actions (login required)

View Item View Item