KEEFEKTIFAN STRATEGI BELAJAR PQ4R TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS IV DI SDN GUGUS KARTINI KABUPATEN SEMARANG


Rismawanti Putri , 1401412257 (2016) KEEFEKTIFAN STRATEGI BELAJAR PQ4R TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS IV DI SDN GUGUS KARTINI KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412257.pdf]
Preview
PDF
Download (302kB) | Preview

Abstract

Keterampilan membaca pemahaman dituntut untuk mampu memahami isi teks bacaan. Dalam kegiatan membaca membutuhkan strategi belajar yang kreatif agar siswa dapat memahami isi teks bacaan, salah satunya dengan menggunakan strategi belajar PQ4R. Strategi belajar PQ4R pada hakikatnya merupakan penimbul pertanyaan dan tanya jawab yang dapat mendorong pembaca teks melakukan pengolahan materi secara lebih mendalam dan luas. Namun pada kenyataan yang ada pembiasaan membaca yang jelek dan kurang penguasaan strategi membaca yang membuat siswa pada keterampilan membaca masih jauh dari kondisi yang diharapkan. Masih banyak siswa yang kurang memahami apa yang mereka baca, ini terjadi karena mereka sering tidak serius ataupun konsentrasi dalam membaca, mereka masih senang berbicara sendiri atau bermain dengan temannya. Berdasarkan permasalahan yang ada pada lapangann penelitian ini memiliki rumasan masalah yaitu bagaimanakah keefektifan strategi belajar PQ4R terhadap keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas IV di SDN Gugus Kartini Kabupaten Semarang? Peneletian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan strategi belajar PQ4R terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV di SDN Gugus Kartini Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan penelitian yaitu Pretest-Posttest Control-Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Gugus Kartini Kabupaten Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sample pada penelitian berjumlah 40 siswa dengan perincian 14 siswa kelas IV SDN Semowo 02 sebagai kelompok eksperimen, 12 siswa kelas IV SDN Semowo 01 sebagai kelompok kontrol, dan 14 siswa kelas IV SDN Glawan sebagai kelas uji coba instrument. Teknik pengumpulan data observasi wawancara, dokumentasi, dan menggunakan tes keterampilan membaca pemahaman. Uji normalitas menggunakan metode Liliefors, uji homogenitas dengan metode uji Bartlett, uji keseimbangan dan uji hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian didapat thitumg (2,545) > t tabel 2,068 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,018 < 0,05 menunjukkan hasil yang signifikan. Dengan demikian hasil uji hipotesis penelitian menunjukkan bahwa hasil nilai kelompok eksperimen yang menerapkan strategi belajar PQ4R lebih efektif terhadap keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas IV SDN Gugus Kartini Kabupaten Semarang. Simpulan penelitian ini adalah bahwa hipotesis yang berbunyi “Strategi belajar PQ4R lebih efektif terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV di SDN Gugus Kartini Kabupaten Semarang” dapat diterima. Sesuai dengan analisis data hasil penelitian dan kesimpulan, penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih dalam ilmu pendidikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan Strategi Belajar PQ4R, Keterampilan Membaca Pemahaman.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 07 May 2019 15:21
Last Modified: 07 May 2019 15:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28210

Actions (login required)

View Item View Item