NILAI KARAKTER PADA SISWA KELAS IV DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MEMBACA INTENSIF SD TLOGOSARI KULON 06 SEMARANG


Apriliana Ajeng Kusuma Putri , 1401412256 (2016) NILAI KARAKTER PADA SISWA KELAS IV DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MEMBACA INTENSIF SD TLOGOSARI KULON 06 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412256.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pengetahuan guru dalam mengintegrasikan nilai-nilai karakter pada proses pembelajaran. melihat sudut pandang karakter, bangsa Indonesia saat ini sedang mengalami krisis nilai karakter terutama pada anak usia dini. Pendidikan karakter perlu diterapkan sejak dini untuk menjadikan anak yang berkarakter mulia.Berdasarkan hal tersebut dapat dirumuskan permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana nilai karakter pada siswa kelas IV dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia materi membaca intensif SD Tlogosari Kulon 06 Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai karakter pada siswa kelas IV dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia materi membaca intensif SD Tlogosari Kulon 06 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menggambarkan peristiwa atau fenomena dengan data-data yang berbentuk informasi atau kata-kata. Lokasi penelitian di SD Tlogosari Kulon 06 Semarang kelas IV semester 2. Data bersumber dari kata-kata hasil penelitian. Metode pengumpulan data: wawancara, observasi, angket (kuesioner) dan dokumentasi. Teknik analisis data: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan simpulan. Dalam hasil penelitian diketahui bahwa penerapan nilai karakter dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia dari hasil pengamatan nilai karakter pada siswa kelas IV SD Tlogosari Kulon 06 Semarang untuk nilai karakter jujur dengan kriteria “Baik”, disiplin “Baik”, kreatif “Baik”, kerja keras “Baik”, rasa ingin tahu “Baik”, dan gemar membaca dengan kriteria “Sangat Baik”. Berbeda dengan hasil yang diperoleh dari hasil angket yang dikerjakan peserta didik, penerapan nilai karakter jujur dengan kriteria “Baik”, disiplin “Baik”, kreatif “Baik”, kerja keras “Sangat Baik”, rasa ingin tahu “Baik”, dan gemar membaca dengan kriteria “Baik”. Jadi hasil pengamatan nilai karakter dan hasil angket yang diperoleh siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia mendapatkan kategori dalam kriteria “Baik”, terutama kriteria gemar membaca pada pengamatan guru dan kerja keras pada hasil angket mendapatkan kriteria “Sangat Baik”. Saran yang dapat peneliti berikan kepada guru, peserta didik dan sekolah adalah agar lebih mengembangkan pelaksanaan pembelajaran di kelas yang didasarkan pada penelitian karakter.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Nilai karakter, Membaca intensif
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 06 Dec 2017 18:48
Last Modified: 06 Dec 2017 18:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28206

Actions (login required)

View Item View Item