IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU TERPADU MELALUI PERAN KEPALA SEKOLAH DI SD NEGERI KLEGO 1 KOTA PEKALONGAN


Bahrul Ulum , 1401412557 (2016) IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU TERPADU MELALUI PERAN KEPALA SEKOLAH DI SD NEGERI KLEGO 1 KOTA PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412557.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (494kB) | Preview

Abstract

Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang dipercaya masyarakat untuk menyediakan sumber daya yang dibutuhkan. Sekolah sebagai suatu organisasi membutuhkan pengelolaan orang-orang yang profesional, peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar hanya akan efektif bila dikelola dengan manajemen yang tepat. Manajemen mutu terpadu memahami mutu pendidikan sebagai proses yang melibatkan pemusatan pada pencapaian kepuasan dan harapan pelanggan pendidikan, perbaikan terus menerus dan pemberian tanggung jawab. Sekolah hanya akan maju bila dipimpin oleh kepala sekolah yang visioner, memiliki keterampilan manajerial, serta integrasi kepribadian dalam melakukan perbaikan mutu. Penelitian ini dilakukan di SD N Klego 1 Kota Pekalongan, Jawa Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penerapan manajemen mutu terpadu di SD N Klego 1 Kota Pekalongan (2) peran kepala sekolah dalam penerapan manajemen mutu terpadu di SD N Klego 1 Kota Pekalongan. Penelitian tentang Implementasi Manajemen Mutu Terpadu di SD N Klego 1 Kota Pekalongan ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologik, pendekatan yang menekankan pada aspek subyektif dari perilaku orang, berusaha untuk masuk ke dalam dunia konseptual para subyek yang ditelitinya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara secara mendalam serta dokumentasi. Untuk menghindari kesalahan, maka diadakan pemeriksaan keabsahan data dengan teknik triangulasi, dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penerapan manajemen mutu terpadu di SD N Klego 1 Kota Pekalongan, guru memperlakukan siswa sebagai pelanggan yang wajib untuk dilayani secara proporsional. Penerapannya melibatkan seluruh unsur komponen sekolah, Peran kepala sekolah dalam menerapkan manajemen mutu adalah mensosialisasikan kegiatan sekolah, membangun komitmen mutu kepada warga sekolah. Sekolah selalu melakukan pengukuran mengenai perencanan, proses, hasil program kegiatan yang dialankan serta selalu melakukan perbaikan-berkelanjutan. Simpulan penelitian ini untuk memotivasi guru untuk terus meningkatkan kemampuan sebagai agen pembelajaran, bagi kepala sekolah untuk dijadikan acuan pengelolaan pendidikan berkualitas dan bagi komite sekolah membantu dalam menentukan program yang berkaitan dengan manajemen mutu. Saran penelitian ini, sekolah sebaiknya terus mengembangkan pengetahuan pengelolaan sekolah sehingga dapat terus berkembang sesuai harapan pelanggannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: MMT, manajemen mutu pendidikan, peran kepala sekolah
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 06 Dec 2017 18:04
Last Modified: 06 Dec 2017 18:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28202

Actions (login required)

View Item View Item