KONTRIBUSI DIVERSIFIKASI PRODUK TERHADAP KEBERHASILAN INDUSTRI BATIK DI KOTA PEKALONGAN


Rizqi Napisah , 5401411020 (2016) KONTRIBUSI DIVERSIFIKASI PRODUK TERHADAP KEBERHASILAN INDUSTRI BATIK DI KOTA PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5401411020.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Batik telah berkembang pesat di Jawa dengan berbagai corak dan motif yang khas di masing-masing daerah, perkembangan industri batik mengalami pasang surut dalam hal produksi maupun pemasaran. Industri batik melakukan berbagai cara untuk mengembangkan usahanya antara lain membuat produk dengan harga terjangkau, membuat produk-produk yang sedang diminati konsumen, dan salah satunya yaitu membuat inovasi-inovasi produk baru dalam mengembangkan batik yang dikenal dengan istilah diversifikasi produk. Tujuan penelitian ini 1) mengetahui jumlah industri batik yang melakukan diversifikasi produk, 2) mengetahui jenis produk yang di hasilkan dari diversifikasi, 3) menjelaskan perbedaan antara industri yang melakukan diversifikasi produk dengan yang tidak melakukan diversifikasi produk, 4) mengukur besarnya kontribusi diversifikasi produk terhadap keberhasilan industri batik. Populasi dalam penelitian ini adalah industri batik di Kota Pekalongan yang berjumlah 31 sentra industri batik. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket untuk mengetahui kontribusi diversifikasi produk terhadap keberhasilan usaha. Uji coba instrument dilakukan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas pada keberhasilan industri batik. Metode analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji beda, koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar atau sekitar 80% industri batik di Kota Pekalongan sudah melakukan diversifikasi produk. Terdapat perbedaan yang signifikan antara industri yang melakukan diversifikasi produk dengan yang tidak melakukan diversifikasi produk. Kontribusi diversifikasi produk terhadap keberhasilan usaha sebesar 72,9%. Simpulan pada penelitian menunjukkan 1) 80% industri batik di Kota Pekalongan sudah melakukan diversifikasi produk, 2) strategi diversifikasi produk menghasilkan berbagai macam produk batik dan mempunyai nilai jual yang cukup tinggi, 3) adanya perbedaan yang signifikan antara industri yang melakukan diversifikasi produk dengan yang tidak melakukan diversifikasi produk, 4) kontribusi diversifikasi produk terhadap keberhasilan industri batik sebesar 72,9%. Saran 1) industri batik perlu melakukan strategi diversifikasi produk untuk mengembangkan usaha, 2) industri batik perlu meningkatkan kualitas produk-produk baru, sehingga batik bisa di kenal dan dapat digunakan semua kalangan dengan melakukan survei ketertarikan konsumen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kontribusi Diversifikasi Produk, Keberhasilan Industri Batik.
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY3 Tata Busana S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 06 Dec 2017 18:04
Last Modified: 06 Dec 2017 18:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28200

Actions (login required)

View Item View Item