EFEKTIVITAS BAHAN AJAR MANAJEMEN BUSANA WANITA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PRODI TATA BUSANA


Nur Ana , 5401410185 (2016) EFEKTIVITAS BAHAN AJAR MANAJEMEN BUSANA WANITA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PRODI TATA BUSANA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5401410185.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Mata kuliah manajemen busana wanita merupakan mata kuliah praktek pertama setelah memepelajari beberapa materi dasar. Selama ini pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran konvensional. Hal tersebut membuat dosen berperan aktif dibandingkan dengan mahasiswa. Hal ini berakibat sebagian mahasiswa masih kesulitan dalam mengerjakan tugas praktek. Salah satu strategi yang dapat diterapkan adalah dengan menggunakan bahan ajar. Melalui bahan ajar diharapkan mahasiswa mampu menerapkan sikap komunikasi dengan baik dan meningkatkan kreatifitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah bahan ajar manajemen busana wanita efektif untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa prodi Tata Busana. Metode penelitian ini menggunakan penelitian Pre Experimental Design (non designs) yaitu One Group Pretest - Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa tata busana angkatan 2013 yang berjumlah 21. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, yaitu teknik penentuan sampel secara acak. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan tes. Sedangkan instrumen penilaiannya yaitu lembar penilaian unjuk kerja membuat busana wanita dengan menggunakan bahan ajar. Analisis data penelitian ini mengunakan analisis deskriptif dengan menggunakan nilai rata-rata atau mean. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahan ajar manajemen busana wanita dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa prodi tata busana. Hal ini ditunjukan dari hasil peningkatan nilai rata-rata tes pre-test ke post-test diperoleh mahasiswa tata busana angkatan 2013. Pre-test sebesar 73,1 dan post-test 93,7. Kemudian dibuktikan dengan hasil uji t diperoleh whitung 0,0 dengan wtabel 52. Simpulan dari penelitian ini adalah bahan ajar efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa tata busana. Saran 1) bahan ajar dapat digunakan untuk mata kuliah lain yang bersifat praktek. 2) materi bahan ajar dapat disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar, manajemen busana wanita, hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 06 Dec 2017 18:04
Last Modified: 06 Dec 2017 18:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28198

Actions (login required)

View Item View Item