PENGARUH KEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR DI GUGUS MAS MANSYUR KECAMATAN ROWOSARI KABUPATEN KENDAL


Ulfiana Ayu Kusumawati , 1401412556 (2016) PENGARUH KEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR DI GUGUS MAS MANSYUR KECAMATAN ROWOSARI KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412556.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (459kB) | Preview

Abstract

Guru merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan dalam setiap upaya pendidikan. Hal ini dapat dikaji dari guru itu sendiri antara lain dari faktor kualifikasi dan profesionalisme serta produktivitasnya. Produktivitas yang baik akan mampu mendukung mutu pendidikan. Untuk menjadi guru yang profesional tidak terlepas dari motivasi atau dorongan. Namun pada kenyataannya kualitas guru masih rendah, hal ini dikarenakan motivasi berprestasi yang dimiliki guru juga masih rendah. Sehingga dalam pelaksanaan tugas kepala sekolah sebagai manajer menyebabkan tugas manajerial kepala sekolah tidak terlaksana dengan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) seberapa besar pengaruh kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru sekolah dasar; (2) seberapa besar pengaruh motivasi berprestasi terhadap kinerja guru sekolah dasar; dan (3) seberapa besar pengaruh kemampuan manajerial kepala sekolah dan motivasi berprestasi terhadap kinerja guru sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu ex post facto. Populasi dalam penelitian ini yaitu guru sekolah dasar di Gugus Mas Mansyur Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal. Sampel penelitian dalam penelitian ini yakni 60 guru menggunakan teknik nonprobality sampling dengan jenis sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner, dokumentasi dan observasi. Analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis. Sedangkan untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi ganda, determinasi dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru yaitu kemampuan manajerial kepala sekolah memberikan sumbangan pengaruh terhadap kinerja sebesar 15,7%; (2) ada pengaruh yang signifikan antara motivasi berprestasi terhadap kinerja guru. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa motivasi berprestasi memberikan sumbangan pengaruh terhadap kinerja sebesar 23%; (3) pengaruh kemampuan manajerial kepala sekolah dan motivasi berprestasi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dengan koefisien determinasi sebesar 26,5%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah, Motivasi Berprestasi, Kinerja Guru
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 06 Dec 2017 17:23
Last Modified: 06 Dec 2017 17:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28196

Actions (login required)

View Item View Item