INTERAKSI SOSIAL ANTARA GURU SD NEGERI RANDUGUNTING 02 DAN GURU SD NEGERI RANDUGUNTING 07 KOTA TEGAL
Ahmad Fahruki , 1401412546 (2016) INTERAKSI SOSIAL ANTARA GURU SD NEGERI RANDUGUNTING 02 DAN GURU SD NEGERI RANDUGUNTING 07 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (541kB) | Preview |
Abstract
Guru memegang peranan strategis terutama dalam upaya membentuk watak bangsa melalui pengembangan kepribadian dan nilai-nilai yang diinginkan. Guru juga harus memiliki kompetensi yang wajib dimiliki, salah satunya adalah kompetensi sosial yang di dalamnya mencakup komunikasi atau interaksi guru dengan guru lain, peserta didik, dan masyarakat. Interaksi sosial yang terjalin dengan baik antar SD dapat bermanfaat bagi hubungan antar sekolah maupun antar guru. Fenomena yang ada pada SD N Randugunting 02 dan guru SD N Randugunting 07 Kota Tegal menunjukkan bahwa terdapat permasalahan interaksi sosial antar kedua SD, hanya terdapat beberapa guru yang masih menjalin hubungan antar SD N Randugunting 02 dan guru SD N Randugunting 07. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui interaksi sosial yang terjadi antar guru SD dalam satu komplek serta untuk mengetahui kendala dalam interaksi sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis studi kasus pada guru SD N Randugunting 02 dan guru SD N Randugunting 07. Subjek penelitian ini, guru SD N Randugunting 02 dan guru SD N Randugunting 07 Kota Tegal. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan interaksi sosial yang terjadi antar guru SD N Randugunting 02 dan guru SD N Randugunting 07 berjalan kurang baik. Hal ini dapat dilihat dari kurangnya komunikasi yang terjadi antar guru dari kedua sekolah tersebut. Selain itu, kerjasama dalam hal kegiatan yang menunjang terjadinya interaksi sosial juga kurang terlaksana dengan baik, sangat sedikit kerjasama yang dilakukan oleh kedua SD tersebut yang disebabkan oleh perbedaan pendapat yang tidak dapat ditemukan jalan tengahnya. Kecemburuan juga sangat tampak terjadi antar kedua SD jika salah satu meraih prestasi yang lebih tinggi, hal tersebut dapat membuat hubungan antar kedua SD tidak harmonis. Sebaiknya kerjasama dan komunikasi antara guru SD N Randugunting 02 dan guru SD N Randugunting 07 lebih ditingkatkan lagi agar interaksi sosial dapat berjalan dengan baik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru SD; Interaksi sosial |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 06 Dec 2017 17:13 |
Last Modified: | 06 Dec 2017 17:13 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28193 |
Actions (login required)
View Item |