KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA ALAM SEKITAR TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS IV SDN TEMANGGUNG 1 KABUPATEN MAGELANG


Nisaul Azizah , 1401412538 (2016) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA ALAM SEKITAR TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS IV SDN TEMANGGUNG 1 KABUPATEN MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412538.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (244kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar diarahkan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi.. Guru biasanya menyampaikan pembelajaran secara konvensional yang terfokus pada guru. Dalam pembelajaran tersebut, guru tidak menggunakan media untuk membantu kegiatan pembelajaran. Siswa hanya mengerjakan atau mencatat apa yang diperintahkan guru, sehingga ksiswa dianggap kurang berperan aktif. Oleh karena itu dibutuhkan media yang menarik agar siswa termotivasi dan aktif dalam pembelajaran. Salah satu media yang bisa digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia adalah media alam sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan media alam sekitar terhadap aktivitas dan hasil belajar menulis deskripsi kelas IV SD Negeri Temanggung 1 Kabupaten Magelang. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri Temanggung 1 dan SD Negeri Sukomulyo Kabupaten Magelang yang berjumlah 49 siswa. Terdapat 24 siswa di kelas eksperimen dan 25 siswa di kelas kontrol. Sampel yang diambil semua siswa di kelas eksperimen dan di kelas kontrol. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Experimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group. Analisis statistik yang digunakan yaitu korelasi product moment untuk uji validitas dan Cronbach’s Alpha untuk uji reliabilitas instrumen. Uji Prasyarat Analisis yang digunakan yaitu Metode Lilliefors untuk menguji normalitas data dan Levene’s test untuk uji homogenitas. Pengujian hipotesis yang digunakan yaitu uji independent sample t test dan uji one sample t test. Semua penghitungan tersebut diolah dengan menggunakan program SPSS versi 20. Berdasarkan hasil uji hipotesis data aktivitas belajar siswa menggunakan independent samples t test diperoleh hasil thitung = 2,775 dengan signifikansi = 0,008 dan ttabel = 1,675. Hasil pengujian menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,775> 1,675) dan signifikansinya 0,008 < 0,05. Hasil pengujian hipotesis hasil belajar siswa menggunakan independent samples t test diperoleh data thitung = 2,405 dengan signifikansi = 0,02 dan ttabel = 1,675. Hasil pengujian menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,405> 1,675) dan signifikansinya 0,02 < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan aktivitas dan hasil belajar siswa antara yang menggunakan media alam sekitar dan yang menggunakan media gambar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas, hasil belajar, media alam sekitar, menulis deskripsi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 06 Dec 2017 16:55
Last Modified: 06 Dec 2017 16:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28188

Actions (login required)

View Item View Item