PENGARUH KONSENTRASI TEPUNG IKAN TERI (Stolephorus sp) PADA PEMBUATAN KUDAPAN PMT BALITA TERHADAP KANDUNGAN PROTEIN DAN SIFAT ORGANOLEPTIK (Studi Kasus di Kelurahan Tegalsari Kota Tegal)


Eka Apriani Hidayati , 6450408096 (2015) PENGARUH KONSENTRASI TEPUNG IKAN TERI (Stolephorus sp) PADA PEMBUATAN KUDAPAN PMT BALITA TERHADAP KANDUNGAN PROTEIN DAN SIFAT ORGANOLEPTIK (Studi Kasus di Kelurahan Tegalsari Kota Tegal). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6450408096.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Cilok adalah salah satu cemilan yang disukai anak-anak. Ikan teri (Stelophorus sp) merupakan bahan makanan kaya protein. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh konsentrasi ikan teri pada pembuatan kudapan PMT balita terhadap kandungan protein dan sifat organoleptik. Jenis penelitian ini adalah eksperimental, single factor dengan dasar rancangan acak lengkap (RAL). Sampel penelitian ini adalah kudapan dengan tepung Ikan Teri (Stolephorus sp) pada konsentrasi 0%, 15%, 25% dan 35%. Berdasarkan hasil uji Kruskal Wallis menunjukkan nilai p yaitu 0,015 (<0,05) sehingga terdapat pengaruh kandungan protein pada pembuatan cilok ikan teri yang bermakna pada setiap konsentrasinya. Hasil daya terima dengan Friedman Test sifat organoleptik warna, rasa, aroma dan tekstur menunjukkan p value 0,000 (<0,05) yang berarti terdapat pengaruh konsentrasi tepung ikan teri pada pembuatan cilok terhadap sifat organoleptiknya. Hasil tertinggi menunjukkan tingkat kesukaan panelis terhadap warna, aroma, rasa, dan tekstur terdapat pada cilok dengan konsentrasi tepung ikan teri 25% (F3).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: tepung ikan teri, kudapan, kandungan protein, sifat organoleptik
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 06 Dec 2017 14:44
Last Modified: 06 Dec 2017 14:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28180

Actions (login required)

View Item View Item