HUBUNGAN ANTARA PELAKSANAAN TUGAS JURU MALARIA DESA (JMD) DENGAN PENEMUAN KASUS MALARIA POSITIF TINGKAT DESA DI KABUPATEN BANJARNEGARA


Isnaini Lulu Zubaidah , 6450408045 (2015) HUBUNGAN ANTARA PELAKSANAAN TUGAS JURU MALARIA DESA (JMD) DENGAN PENEMUAN KASUS MALARIA POSITIF TINGKAT DESA DI KABUPATEN BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6450408045.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Malaria merupakan penyakit yang menyerang manusia, bersifat menular, dan disebabkan oleh parasit yaitu Plasmodium, kemudian masuk ke dalam tubuh melalui gigitan nyamuk Anopheles betina. Pemerikasaan sediaan darah lebih mudah diperoleh secara menyeluruh dengan bantuan Juru Malaria Desa (JMD), seperti program yang dilaksanakan di Kabupaten Banjarnegara. Dilihat dari data beberapa tahun terakhir, Kabupaten Banjarnegara mempunyai nilai API, ABER, dan SPR yang belum berkesinambungan. Jenis penelitian ini adalah survei analitik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh JMD yang ada di kabupaten Banjarrnegara dengan sampel 60 JMD dan diambil dengan teknik purposif sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan kunjungan rumah (p=0,437), pelaksanaan pembuatan sediaan darah (p=0,034), pelaksanaan penyerahan sediaan darah (p=0,194), dan kerutinan pencatatan kegiatan (p=0,019) yang dilakukan oleh JMD kurang dari α=0,01, sehingga dari keempat variabel tidak ada yang berhubungan dengan penemuan kasus malaria positif tingkat desa di Kabupaten Banjarnegara.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Malaria, Pelaksanaan Tugas, Penemuan Kasus
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 06 Dec 2017 14:34
Last Modified: 06 Dec 2017 14:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28177

Actions (login required)

View Item View Item