KEEFEKTIFAN PENDEKATAN SAVI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI SMP


Hidayani , 4401411015 (2015) KEEFEKTIFAN PENDEKATAN SAVI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PENDEKATAN SAVI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI SMP]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PENDEKATAN SAVI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI SMP) - Published Version
Download (567kB) | Preview

Abstract

Materi sistem peredaran darah manusia adalah materi yang menarik untuk dipelajari karena materi ini bisa dirasakan langsung oleh siswa, namun proses peredaran darah terjadi di dalam tubuh dan tidak bisa dilihat secara kasat mata. Oleh karena itu, mempelajari materi sistem peredaran darah manusia dirasakan sulit oleh siswa. Pembelajaran menggunakan pendekatan SAVI berbasis PBL adalah pembelajaran yang berorientasi pada masalah untuk diselesaikan dengan memanfaatkan seluruh aktivitas tubuh yaitu bergerak dan berbuat (somatic), belajar dengan berbicara dan mendengar (auditory), belajar dengan mengamati dan menggambarkan (visual), serta belajar dengan memecahkan masalah (intellectual). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keefektifan pembelajaran pendekatan SAVI berbasis PBL pada materi sistem peredaran darah manusia di SMP Negeri 24 Semarang. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 24 Semarang pada Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015. Populasi penelitian adalah semua kelas siswa VIII SMP Negeri 24 Semarang. Sampel penelitian diambil dengan cara purposive sampling dan terpilih dua kelas yaitu VIII-F sebagai kelas kontrol dan VIII-G sebagai kelas eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan bentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Variabel bebas penelitian ini adalah penerapan pendekatan SAVI berbasis PBL dan variabel terikatnya hasil belajar (kognitif, afektif, dan psikomotorik). Pembelajaran dengan menggunakan SAVI berbasis PBL dikatakan efektif apabila hasil belajar kelompok eksperimen lebih baik dari kelompok kontrol dengan ketentuan: hasil belajar ranah kognitif kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol, proporsi N-Gain kelompok eksperimen pada tiga kategori yang ditetapkan lebih baik daripada kelompok kontrol, dan ≥85% siswa mencapai KKM yaitu ≥72. Seluruh siswa mencapai kategori sangat baik dan baik untuk nilai afektif dan psikomotorik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol, dengan tingkat pemahaman siswa kelompok eksperimen yang lebih baik serta ketuntasan klasikal kelompok eksperimen mencapai 90,6%. Hasil belajar afektif dan psikomotorik kelompok eksperimen lebih baik dibandingkan kelompok kontrol dengan seluruh siswa mencapai kriteria sangat baik dan baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan SAVI berbasis PBL pada materi sistem peredaran darah manusia dalam penelitian ini efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: SAVI, problem based learning, sistem peredaran darah manusia
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QM Human anatomy
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: handoyo eko perpus
Date Deposited: 06 Dec 2017 14:00
Last Modified: 06 Dec 2017 14:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28170

Actions (login required)

View Item View Item