HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA TERHADAP PERILAKU PENCEGAHAN KOMPLIKASI HIPERTENSI PADA PENDERITA DIABETES TIPE II (Studi Kasus Wilayah Kerja Puskesmas Ngemplak Simongan)


Lewi Insela Purnomo , 6411412216 (2016) HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA TERHADAP PERILAKU PENCEGAHAN KOMPLIKASI HIPERTENSI PADA PENDERITA DIABETES TIPE II (Studi Kasus Wilayah Kerja Puskesmas Ngemplak Simongan). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411412216.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Keluarga merupakan faktor penting yang dibutuhkan seseorang ketika menghadapi masalah kesehatan. Jaringan sosial terkecil adalah keluarga, sehingga dukungan dari keluarga adalah hal yang penting, bahkan dapat membantu mempercepat proses penyembuhan, tetapi sebaliknya klien dengan keadaan keluarga yang kurang mendukung akan mempersulit proses penyembuhan. Dukungan sosial keluarga adalah proses hubungan antara keluarga dengan lingkungan sosialnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Hubungan dukungan sosial keluarga terhadap perilaku pencegahan komplikasi Hipertensi pada penderita Diabetes Tipe II di Wilayah Kerja Puskesmas Ngemplak Simongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner. Data analisis dengan rumus uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara dukungan pemberian informasi (p=0,007), dukungan pemberian barang atau jasa (p-0,004), dukungan pengambilan keputusan (p=0,007), dan dukungan moral (p=0,006) dengan perilaku pencegahan komplikasi Hipertensi pada penderita Diabetes Tipe II. Disarankan untuk melakukan penelitian lebih lanjut terkait dukungan sosial keluarga terhadap perilaku pencegahan komplikasi Hipertensi pada penderita Diabetes Tipe II, serta perlu dikaji faktor-faktor lainseperti predisposisi, enbling factor, dan need factor.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Diabetes Tipe II; Dukungan Sosial Keluarga; Pencegahan Hipertensi
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 06 Dec 2017 13:55
Last Modified: 06 Dec 2017 13:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28169

Actions (login required)

View Item View Item