FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KAPASITAS VITAL PARU PADA PENGRAJIN TEMBAGA DI CEPOGO KABUPATEN BOYOLALI (Studi Kasus pada Bagian Penggerinda Pengrajin Tembaga di Sentra Kerajinan Tembaga Cepogo Tahun 2016)


Durotul Isnaeni , 6411412205 (2016) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KAPASITAS VITAL PARU PADA PENGRAJIN TEMBAGA DI CEPOGO KABUPATEN BOYOLALI (Studi Kasus pada Bagian Penggerinda Pengrajin Tembaga di Sentra Kerajinan Tembaga Cepogo Tahun 2016). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411412205.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pencemaran partikel dari kegiatan industri akan mencemari udara sekitar. Udara yang tercemar menyebabkan penyakit saluran pernafasan. Ukuran partikel debu yang masuk ke paru-paru akan menentukan letak penempelan partikel. Di Indonesia usaha kecil menengah (UKM) menjadi pendukung pembangunan yang berkelanjutan dan sarana penting dalam menyerap tenaga kerja. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kapasitas vital paru (KVP) pada pengrajin tembaga bagian penggerinda di Cepogo Boyolali. Jenis penelitian adalah analitik observasional dengan metode crossectional. Populasi penelitian adalah penggerinda kerajinan tembaga sebanyak 64 orang. Pengambilan sampel dengan metode total sampling. Instrumen yang digunakan adalah timbangan berat badan, microtoice, spirometer hutchinson, HVAS dan kuesioner. Data dianalisis menggunakan uji Chi Square dengan uji alternatif uji Fisher dan derajat kemaknaan (

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kapasitas Vital Paru, Usaha Kecil Menengah, Penggerinda.
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 06 Dec 2017 13:51
Last Modified: 06 Dec 2017 13:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28168

Actions (login required)

View Item View Item