PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN GAYA BELAJAR VAK (VISUAL, AUDITORI, KINESTETIK) TERHADAP PEMBELAJARAN INVERTEBRATA DI SMA


Ita Martini , 4401411014 (2015) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN GAYA BELAJAR VAK (VISUAL, AUDITORI, KINESTETIK) TERHADAP PEMBELAJARAN INVERTEBRATA DI SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN GAYA BELAJAR VAK (VISUAL, AUDITORI, KINESTETIK) TERHADAP PEMBELAJARAN INVERTEBRATA DI SMA]
Preview
PDF (PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN GAYA BELAJAR VAK (VISUAL, AUDITORI, KINESTETIK) TERHADAP PEMBELAJARAN INVERTEBRATA DI SMA) - Published Version
Download (323kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran Biologi di SMA Negeri Ajibarang belum sesuai dengan kurikulum 2013, lebih sering menggunakan metode ceramah berbantuan media power point. Siswa yang aktif berinteraksi hanya 25% dan hanya 43% siswa memenuhi KKM sebesar 75. Guru belum mempertimbangkan perbedaan gaya belajar siswa dalam penyusunan RPP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning dengan gaya belajar VAK (Visual, Auditori, Kinestetik) terhadap hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor serta aktivitas siswa pada materi invertebrata di SMA Negeri Ajibarang. Penelitian Quasi Eksperimental Design menggunakan Posttest-Only Design. Pengambilan sampel dengan purposive sampling. Variabel bebas berupa model pembelajaran, yaitu model discovery learning dengan gaya belajar VAK (Visual, Auditori, Kinestetik). Variabel terikat berupa hasil belajar dan aktivitas siswa, yaitu hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor serta aktivitas visual, emosional dan fisik siswa. Hasil belajar dianalisis uji-t, sedangkan aktivitas siswa deskriptif persentase. Hasil penelitian ini berupa rerata hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor siswa kelas eksperimen > kontrol, yaitu (3.16>2.57), (3.30>2.99) dan (2.82>2.20). Thitung rerata hasil belajar kognitif 6.44, afektif 6.50, dan psikomotor 6.41, sedangkan ttabel 1.99. Hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor kelas eksperimen berbeda signifikan dibandingkan kontrol. Persentase siswa kelas eksperimen yang sangat aktif dan aktif 91.18%, sedangkan kontrol hanya 35.29%. Simpulan penelitian yaitu model discovery learning dengan gaya belajar VAK (Visual, Auditori, Kinestetik) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif, afekif, dan psikomotor siswa pada materi Invertebrata di SMA Negeri Ajibarang. Model pembelajaran tersebut juga lebih mengaktifkan siswa dibandingkan ceramah. vii

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Discovery learning, gaya belajar Visual Auditori Kinestetik, hasil belajar, aktivitas siswa
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QL Zoology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: handoyo eko perpus
Date Deposited: 06 Dec 2017 13:54
Last Modified: 06 Dec 2017 13:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28167

Actions (login required)

View Item View Item