FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PRAKTIK PERSONAL HYGIENE ORGAN GENITALIA EKSTERNA PADA SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN AL-USWAH SEMARANG


Nurul Ristiana , 6411412199 (2016) FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PRAKTIK PERSONAL HYGIENE ORGAN GENITALIA EKSTERNA PADA SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN AL-USWAH SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411412199.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Puskesmas Gunungpati mempunyai kasus infeksi organ reproduksi tertinggi pada remaja. Penemuan kasus menarche dini terjadi di Pondok Pesantren Al-Uswah, sehingga mempengaruhi kesehatan reproduksi santriwati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan praktik personal hygiene organ genitalia eksterna pada santriwati di Pondok Pesantren Al-Uswah. Metode penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross sectional study dengan metode penelitian kuantitatif. Sampel berjumlah 36 orang. Analisis data menggunakan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan faktor yang berhubungan denganpraktik personal hygiene organ genitalia eksterna pada santriwati di Pondok Pesantren AlUswah Semarangadalah pengetahuan santriwati (p=0,000), sikap santriwati (p value=0,003), dukungan umi/nyai (p=0,009), dukungan teman (p value=0,012),dan pemanfaatan sarana prasarana (p=0,004). Tidak ada hubungan antara faktor tingkat pendidikan (p=0,14), dan dukungan orang tua (pvalue=1,00)dengan praktik personal hygiene organ genitalia eksterna pada santriwati di Pondok Pesantren Al-Uswah Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: praktik personal hygiene organ genitalia eksterna, santriwati
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 06 Dec 2017 13:43
Last Modified: 06 Dec 2017 13:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28164

Actions (login required)

View Item View Item