PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM BERBASIS LABORATORY SKILLS PADA MATERI KINGDOM FUNGI KELAS X


Rini Madhawati , 4401411010 (2016) PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM BERBASIS LABORATORY SKILLS PADA MATERI KINGDOM FUNGI KELAS X. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM BERBASIS LABORATORY SKILLS PADA MATERI KINGDOM FUNGI KELAS X]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM BERBASIS LABORATORY SKILLS PADA MATERI KINGDOM FUNGI KELAS X) - Published Version
Download (796kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran biologi khususnya Kingdom Fungi yang dilaksanakan di sekolah menengah atas, belum memaksimalkan kemampuan keterampilan laboratorium, melainkan lebih ditekan pada hasil belajar siswa secara kognitif sebab belum terdapat media yang dapat mengembangkan ketrampilan laboratorium. Keterampilan laboratorium merupakan yang yang penting untuk dikembangkan dan dimiliki siswa untuk memecahkan segala permasalahan kehidupan sehari-hari. Kingdom Fungi merupakan materi yang di dalamnya terdapat berbagai aktivitas saintis yang dapat dilakukan melalui kerja laboratorium sehingga bisa digunakan sebagai alat untuk mengembangkan keterampilan laboratorium. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan petunjuk praktikum berbasis laboratory skills pada materi Kingdom Fungi kelas X dan menguji validitas, kepraktisan, dan efektivitasnya dalam mengembangkan ketrampilan laboratorium yang meliputi ketrampilan proses sains, ketrampilan keselamatan laboratorium, ketrampilan manipulasi sains, ketrampilan berpikir, dan sikap ilmiah. Desain penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan subjek penelitian siswa kelas X. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar observasi ketrampilan laboratorium dan angket tanggapan pakar, guru, dan siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa petunjuk praktikum yang dikembangkan sangat valid (91,3%) menurut rata-rata tanggapan pakar materi dan media, sangat praktis (84,2%) menurut rata-rata tanggapan siswa dan guru, serta sangat efektif dilihat dari rata-rata nilai siswa yang sangat trampil (3,6) dalam nilai ketrampilan laboratorium. Berdasarkan hasil, tersebut disimpulkan bahwa petunjuk praktikum yang dikembangkan layak dan dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kingdom Fungi, Laboratory skills, Petunjuk Praktikum.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QR Microbiology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: handoyo eko perpus
Date Deposited: 06 Dec 2017 13:36
Last Modified: 06 Dec 2017 13:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28162

Actions (login required)

View Item View Item