GAMBARAN PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (SMK3) PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG DI SEMARANG SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN KECELAKAAN KERJA (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Hotel Grandhika Divisi VII)


Alifah Ayu Wijayanti , 6411412196 (2016) GAMBARAN PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (SMK3) PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG DI SEMARANG SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN KECELAKAAN KERJA (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Hotel Grandhika Divisi VII). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411412196.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Annual report PT. Adhi Karya tahun 2015, terdapat kecelakaan berat tercatat sebanyak 7 kasus, kecelakaan ringan sebanyak 10 kasus, dan insiden sebanyak 4 kasus. Data pada 5 tahun terakhir terdapat kenaikan pada kecelakaan berat dan ringan, sehingga penting dilakukan penerapan SMK3 Konstruksi untuk mencegah dan mengurangi kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang penerapan SMK3 pada proyek pembangunan gedung Hotel Grandhika Divisi VII di PT. Adhi Karya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dengan teknik trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber. Hasil dari penelitian ini yaitu Penerapan SMK3 berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2012 di Proyek Pembangunan Hotel Grandhika dengan jumlah kriteria yang tercapai 57 kriteria dan 7 kriteria tidak tercapai dari total 64 kriteria penerapan tingkat awal untuk penilaian diri, pencapaian penerapan SMK3 sebesar 89,06% dan termasuk dalam kategori perusahaan dengan tingkat penilaian penerapan memuaskan. Perusahaan harus menyediakan fasilitas dan layanan di tempat kerja, seperti toilet darurat dan penyediaan P3K yang memadai serta dokter yang ditunjuk oleh perusahaan. Pengecekan kesehatan rutin dilaksanakan sebulan sekali atau dalam jangka tertentu sesuai kebijakan yang ada di perusahaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: SMK3, Konstruksi, Manajemen
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 06 Dec 2017 13:29
Last Modified: 06 Dec 2017 13:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28161

Actions (login required)

View Item View Item