FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH BERESIKO KEHAMILAN TIDAK DIINGINKAN PADA MAHASISWA YANG BERTEMPAT TINGGAL DI KOS “LAS VEGAS” (Studi Kasus pada Universitas X di Kota Semarang)


Dwima Ayu Asmara , 6411412192 (2016) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH BERESIKO KEHAMILAN TIDAK DIINGINKAN PADA MAHASISWA YANG BERTEMPAT TINGGAL DI KOS “LAS VEGAS” (Studi Kasus pada Universitas X di Kota Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411412192.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Mahasiswa merupakan peserta didik yang terdaftar dan belajar pada perguruan tinggi. Potensi terjadinya perilaku seksual dikalangan mahasiswa lebih besar karena belum tahu dampak perilaku seks diluar nikah dan seks tidak aman. Perilaku tersebut dapat berakibat fatal bagi mahasiswa karena beresiko tinggi terhadap timbulnya kehamilan diluar nikah. Kondisi mahasiswa yang jauh dari pengawasan orang tua dan tinggal dalam kos pun dapat memicu perilaku seksual pranikah beresiko kehamilan tidak diinginkan. Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan perilaku seksual pranikah beresiko kehamilan tidak diinginkan pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional dengan total sampel sebanyak 88 responden dan menggunakan teknik sampling proportional random sampling. Analisis data menggunakan univariat dan bivariat dengan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara sikap (p = 0,000), sikap teman kos(p = 0,000),perilaku seksual teman kos (p =0,000 ) dengan perilaku seksual pranikah beresiko kehamilan tidak diinginkan, dan tidak ada hubungan antara pengetahuan (p = 0,159), pengawasan disekitar tempat tinggal mahasiswa (p = 0,505), aturan-aturan kos (p = 0,670) dengan perilaku seksual pranikah beresiko kehamilan tidak diinginkan. Saran yang peneliti rekomendasikan adalah memberikan peraturan yang tegas mengenai jam kunjung bagi lawan jenis didalam kos.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa, Perilaku Seksual
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 06 Dec 2017 13:13
Last Modified: 06 Dec 2017 13:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28159

Actions (login required)

View Item View Item