FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PELAKSANAAN PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK DEMAM BERDARAH DENGUE (PSN DBD) DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG


Lina Shofiyanah , 6411412188 (2016) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PELAKSANAAN PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK DEMAM BERDARAH DENGUE (PSN DBD) DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411412188.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Sekolah adalah tempat yang berpotensi dalam penyebaran dan penularan DBD pada anak sekolah. Salah satu upaya yang paling tepat dalam pencegahan dan pemberantasan DBD di sekolah adalah kegiatan pemberantasan sarang nyamuk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan pelaksanaan PSN DBD di sekolah dasar Kecamatan Gunungpati. Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional dan didukung data kualitatif. Populasi penelitian 36 petugas kebersihan. Sampel berjumlah 27 petugas kebersihan di sekolah dasar dan diambil dengan cara simple random sampling. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner dan dianalisis secara univariat dan bivariat. Analisis data menggunakan uji chi-square dan uji fisher dengan derajat kemaknaan (α)=0,05. Hasil penelitian menunjukkan faktor yang berhubungan dengan pelaksanaan PSN DBD di sekolah dasar Kecamatan Gunungpati Kota Semarang adalah masa kerja (p = 0,047), tingkat pengetahuan (p = 0,04), sikap (p = 0,02), pemantauan jentik rutin (p = 0,01). Sementara itu faktor yang tidak berhubungan adalah tingkat pendidikan (p = 0,37), dukungan guru (p = 0,183), dukungan kepala sekolah (p = 0,405), kejadian DBD di sekolah (p = 0,452)

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: DBD, PSN, Sekolah Dasar
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 06 Dec 2017 13:05
Last Modified: 06 Dec 2017 13:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28157

Actions (login required)

View Item View Item