STUDI GAMBARAN HIGIENE SANITASI PEDAGANG DAN KEBERADAAN ESCHERICHIA COLI PADA ES BUAH DI KOTA SALATIGA (Studi Perbandingan pada Pedagang Es Buah di Alun-alun Pancasila dan Kridanggo Salatiga)


Anis Fitriani , 6411412181 (2016) STUDI GAMBARAN HIGIENE SANITASI PEDAGANG DAN KEBERADAAN ESCHERICHIA COLI PADA ES BUAH DI KOTA SALATIGA (Studi Perbandingan pada Pedagang Es Buah di Alun-alun Pancasila dan Kridanggo Salatiga). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411412181.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini berasal dari hasil observasi awal dan uji pendahuluan terhadap 3 sampel es buah, diketahui 2 (66,7%) es buah mengandung positif bakteri E.coli. Pancasila dan Kridanggo dijadikan lokasi penelitian karena 2 lokasi ini adalah tempat yang paling ramai dikunjungi oleh masyarakat. Tujuan untuk mngetahui perbedaan gambaran higiene sanitasi pedagang dan keberadaan Escherichia coli pada es buah di Kota Salatiga (studi perbandingan di alun-alun Pancasila dan Kridanggo Salatiga). Jenis penelitian ini adalah Deskriptif komparasi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pedagang es buah di alun-alun Pancasila dan Kridanggo Salatiga. Sampel penelitian ini berjumlah 12 pedagang es buah, 9 pedagang di Pancasila dan 3 pedagang di Kridanggo. Instrumen yang digunakan yaitu uji laboratorium MPN E.coli, observasi, kuesioner dan check list. Analisis dilakukan secara univariat. Hasil penelitian ini ada perbedaan higiene penjamah, sanitasi peralatan, sanitasi tempat, sanitasi bahan di Pancasila dan Kridanggo, dan tidak ada perbedaan hasil keberadaan Escherichia coli pada es buah yang ada di Pancasila dan Kridanggo, semua sampel es buah positif mengandung bakteri Escherichia coli. Saran yang diberikan adalah Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM bekerja sama dengan Dinas Kesehatan untuk memberikan program penyuluhan, pengawasan dan pemeriksaan E.coli pada makanan jajanan secara berkala.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Es buah, Escherichia coli, higiene, sanitasi.
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 06 Dec 2017 12:56
Last Modified: 06 Dec 2017 12:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28154

Actions (login required)

View Item View Item