GAMBARAN KONDISI SANITASI KANTIN DAN TINGKAT KEPADATAN LALAT PADA SEKOLAH DASAR DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KEDUNGMUNDU TEMBALANG SEMARANG


Yulia Shinta Nur Kumala, 6411412178 (2016) GAMBARAN KONDISI SANITASI KANTIN DAN TINGKAT KEPADATAN LALAT PADA SEKOLAH DASAR DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KEDUNGMUNDU TEMBALANG SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411412178.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik kebersihan dan sanitasi yang buruk dapat menciptakan kondisi yang tidak sehat dan dapat menimbulkan penyakit meliputi disentri, kolera, dan diare. Berdasarkan observasi awal yang menunjukan bahwa kualitas sanitasi kantin belum memenuhi persyaratan dan tingkat kepadatan lalat dalam populasi sedang yang memerlukan tindakan pengamanan terhadap tempat perindukan. Tujuan penelitian adalah menggambarkan kondisi sanitasi dan tingkat kepadatan lalat pada sekolah dasar di wilayah kerja puskesmas kedungmundu. Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah kantin sekolah dasar di wilayah kerja Puskesmas Kedungmundu tahun 2016 yang berjumlah 20. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, kuesioner, dan pengukuran kepadatan lalat. Analisis data dilakukan secara univariat. Hasil penelitian ini adalah kondisi sanitasi yang buruk yaitu kondisi tempat pencucian peralatan 55%, Tempat penyimpanan bahan makanan 35%, Sarana pencegahan lalat 90%, Tempat penyajian makanan 40% dan kondisi tempat sampah 80%. Tingkat kepadatan lalat dalam kategori rendah (0-2 ekor per blok grill) 30%, sedang (3-5 ekor per blok grill) 50%, tinggi (6-20 ekor per blok grill) 20%. Diharapkan pemilik kantin sekolah dapat meningkatkan sarana sanitasi dan pengendalian terhadap tempat-tempat perindukan lalat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kepadatan lalat, sanitasi kantin
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 06 Dec 2017 12:48
Last Modified: 06 Dec 2017 12:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28152

Actions (login required)

View Item View Item